FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KECELAKAAN KERJA PADA PEKERJA BAGIAN PRODUKSI PT. KUNANGO JANTAN KAB. PADANG PARIAMAN TAHUN 2020

Maharani, Maharani (2021) FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KECELAKAAN KERJA PADA PEKERJA BAGIAN PRODUKSI PT. KUNANGO JANTAN KAB. PADANG PARIAMAN TAHUN 2020. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 6 Kesimpulan dan Saran)
BAB 6 Kesimpulan dan Saran.pdf - Published Version

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (120kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text Maharani 1611211015.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan Menurut International Labour Organization (ILO) pada tahun 2018 sebanyak 13,7% pekerja meninggal setiap tahunnya karena kecelakaan kerja. Berdasarkan hasil survei awal 8 dari 10 pekerja pernah mengalami kecelakaan kerja di tempat kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang berhubungan dengan kecelakaan kerja pada pekerja bagian produksi PT. Kunango Jantan Kab. Padang Pariaman tahun 2020. Metode Jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Populasi berjumlah 213 orang, jumlah sampel 76 responden dengan metode pengambilan sampel proportional random sampling. Pengolahan data dilakukan dengan cara univariat, bivariat dan multivariat. Analisis data dengan uji chi-square dan analisis multivariat dengan uji regresi logistik ganda. Hasil Hasil uji statistik didapatkan hubungan antara unsafe action (p-value = 0,007) dengan kecelakaan kerja. Tidak terdapat hubungan yang signifikan antara pengawasan K3 (p-value = 0,265), SOP (p-value = 0,800), masa kerja (p-value = 0,063), penggunaan APD (p-value = 0,754) dan unsafe condition (p-value = 0,399) dengan kecelakaan kerja. Faktor paling dominan yaitu unsafe action (p-value = 0,007). Kesimpulan Terdapat hubungan antara unsafe action dengan kecelakaan kerja pada pekerja bagian produksi PT. Kunango Jantan Kab. Padang Pariaman tahun 2020. Diharapkan kepada perusahaan untuk meningkatkan pengawasan K3, pemberian reward dan punishment, perbaikan lingkungan kerja, mengevaluasi kembali SOP, estimasi risiko kerja dan hierarki pengendalian risiko.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Luthfil Hadi Anshari, SKM., M.Sc
Uncontrolled Keywords: Produksi, Kecelakaan Kerja, Faktor-faktor, Hubungan, Unsafe Action
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 kesehatan masyarakat
Date Deposited: 08 Feb 2021 04:38
Last Modified: 08 Feb 2021 04:38
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/69794

Actions (login required)

View Item View Item