PEMBANGUNAN APLIKASI LAYANAN PENGADUAN DAN KELUHAN PENGGUNAAN PERANGKAT TEKNOLOGI INFORMASI MEMANFAATKAN FRAMEWORK ITIL V.3 PADA LPSE DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KOTA PADANG

Fuad, Ali Tanjung (2020) PEMBANGUNAN APLIKASI LAYANAN PENGADUAN DAN KELUHAN PENGGUNAAN PERANGKAT TEKNOLOGI INFORMASI MEMANFAATKAN FRAMEWORK ITIL V.3 PADA LPSE DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB AKHIR)
BAB AKHIR.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (FULL SKRIPSI WITH SIMILARITY)
FULL SKRIPSI WITH SIMILARITY.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Padang memiliki satuan unit kerja struktural bernama Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) yang memiliki tujuan untuk memfasilitasi UKPBJ/Pejabat Pengadaan pada Kementerian/Lembaga/Perangkat Daerah dalam melaksanakan pengadaan barang/jasa secara elektronik. Dalam melaksanakan tugas dan fungsinya, LPSE tidak hanya melayani pengadaan barang/jasa secara elektronik untuk Organisasi Perangkat Daerah (OPD) saja tetapi juga untuk kebutuhan internal LPSE sendiri dalam memenuhi kebutuhan dibidang sistem informasi. Pada permasalahan yang ada, dalam melayani tamu yang datang dengan tujuan melaporkan pengaduan, pada proses pencatatannya LPSE masih menggunakan sistem yang bersifat konvesional menggunakan Microsoft Excel. Laporan-laporan pengaduan yang telah direkap nantinya akan diteruskan kembali melalui e-mail kepada pihak yang bertanggung jawab sesuai dengan jenis pengaduannya, oleh karena itu proses tersebut membutuhkan waktu yang lama untuk menangani satu pengaduan. Untuk itu, dibutuhkan suatu aplikasi Layanan Pengaduan dan Keluhan Penggunaan Perangkat Tekologi Informasi Memanfaatkan Framework ITIL V.3 Pada LPSE Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Padang. Penelitian ini menggunakan metodologi pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan pengumpulan dokumen, studi literatur dari penelitian sebelumnya dan metode pengembangan yang digunakan adalah metode waterfall. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah sebuah aplikasi layanan pengaduan yang akan dikemas dalam bentuk aplikasi berbasis web yang dibangun memanfaatkan framework ITIL V.3.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ricky Akbar, M.Kom.
Uncontrolled Keywords: Buku Tamu, Diskominfo, Framework ITIL V.3, LPSE, Pengaduan
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi > Sistem Informasi
Depositing User: s1 sistem informasi
Date Deposited: 05 Feb 2021 07:34
Last Modified: 05 Feb 2021 07:34
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/69792

Actions (login required)

View Item View Item