ANALISIS PERILAKU KESEHATAN MASYARAKAT SUMATERA BARAT SELAMA PANDEMI COVID-19 DENGAN PENDEKATAN STRUCTURAL EQUATION MODELING (SEM)

Fadillah, Nisa Uttaqi (2021) ANALISIS PERILAKU KESEHATAN MASYARAKAT SUMATERA BARAT SELAMA PANDEMI COVID-19 DENGAN PENDEKATAN STRUCTURAL EQUATION MODELING (SEM). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER+ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I Pendahuluan)
PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 5 Penutup)
PENUTUP.pdf - Published Version

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full)
SKRIPSI FULL dengan WATERMARK.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Structural Equation Modeling (SEM) adalah teknik analisis multivariat yang digunakan untuk menggambarkan keterkaitan hubungan linear secara simultan antara variabel yang dapat diukur secara langsung/variabel indikator dengan variabel yang tidak dapat diukur secara langsung /variabel laten. Dalam penelitian ini, dilakukan pemodelan perilaku kesehatan masyarakat Sumatera Barat selama pandemi COVID-19 dengan menggunakan teknik analisis SEM. Perilaku kesehatan masyarakat dipengaruhi oleh faktor motivasi kesehatan dan tingkat kekhawatiran, dimana setiap faktor tidak bisa diukur langsung sehingga diukur oleh indikator yang valid. Data yang digunakan adalah data sekunder terkait faktor perilaku kesehatan masyarakat Sumatera Barat selama pandemi COVID-19. Sebanyak 756 responden berpartisipasi dalam penelitian ini. Pengolahan data dilakukan dengan bantuan software M plus untuk mengestimasi parameter model dengan metode Diagonally Weighted Least Square (DWLS). Penelitian ini membuktikan bahwa perilaku kesehatan masyarakat Sumatera Barat saat pandemi COVID-19 dipengaruhi oleh motivasi kesehatan dan tingkat kekhawatiran yang dirasakan. Masyarakat akan cenderung memperhatikan perilaku kesehatannya apabila memiliki motivasi kesehatan yanng tinggi dan memiliki tingkat kekhawatiran yang tinggi bahwa setiap orang berpotensi terkena suatu penyakit.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ferra Yanuar
Uncontrolled Keywords: Perilaku kesehatan, Sumatera Barat, Kuesioner online, Structural Equation Modeling (SEM), variabel laten, indikator, DWLS.
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: s1 matematika matematika
Date Deposited: 05 Feb 2021 04:42
Last Modified: 05 Feb 2021 04:42
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/69755

Actions (login required)

View Item View Item