PERTUMBUHAN Celosia argentea L., Amaranthus spinosus L. DAN Imperata cylindrica L. SEBAGAI KANDIDAT FITOAKUMULATOR LOGAM ZINC (Zn)

Nafa, Yulianti (2021) PERTUMBUHAN Celosia argentea L., Amaranthus spinosus L. DAN Imperata cylindrica L. SEBAGAI KANDIDAT FITOAKUMULATOR LOGAM ZINC (Zn). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V Penutup)
BAB V Penutup.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (358kB) | Preview
[img] Text (FullText)
FullText.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian tentang Pertumbuhan Tiga Jenis Tumbuhan Kandidat Fitoakumulator Logam Zinc (Zn) telah dilakukan dari bulan Januari sampai April 2020 di lahan penelitian Laboratorium Fisiologi Tumbuhan Jurusan Biologi dan Laboratorium Tanah Jurusan Ilmu Tanah Universitas Andalas Padang. Penelitian ini menggunakan metode Rancangan Pola Nested dengan 15 perlakuan dan 3 ulangan. Faktor A adalah jenis tumbuhan (a1= Celosia argentea, a2= Amaranthus spinosus dan a3= Imperata cylindrica) dan faktor B adalah konsentrasi logam Zn (b1= 0 mg/L, b2= 25 mg/L, b3= 50 mg/L, b4= 100 mg/L dan b5= 200 mg/L). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa tumbuhan Celosia argentea dan Imperata cylindrica mampu tumbuh pada media tanam yang terpapar logam Zn tanpa mengganggu pertumbuhan sedangkan Amaranthus spinosus tidak mampu tumbuh pada media tersebut. Tumbuhan Celosia argentea, Amaranthus spinosus dan Imperata cylindrica mampu mengakumulasi logam Zn masing-masing 33,01 mg/L, 36,97 mg/L dan 29,96 mg/L. Tumbuhan Celosia argentea mampu mentoleransi logam Zn sampai pada konsentrasi 50 mg/L. Tumbuhan Amaranthus spinosus tidak mampu mentoleransi logam Zn dan tumbuhan Imperata cylindrica mampu mentoleransi logam Zn sampai pada konsentrasi tertinggi yaitu 200 mg/L.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Suwirmen, MS
Uncontrolled Keywords: Amaranthus spinosus, Celosia argentea, Fitoakumulator, Imperata cylindrica, Logam, Zinc
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Q Science > QP Physiology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Depositing User: S1 Biologi Biologi
Date Deposited: 08 Feb 2021 04:14
Last Modified: 08 Feb 2021 04:14
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/69732

Actions (login required)

View Item View Item