Analisis Faktor Perubahan Orientasi Kebijakan Luar Negeri Amerika Serikat Terhadap Krisis Diplomatik Qatar-Arab Saudi Tahun 2017-2019

Febrizaldi, Putra (2020) Analisis Faktor Perubahan Orientasi Kebijakan Luar Negeri Amerika Serikat Terhadap Krisis Diplomatik Qatar-Arab Saudi Tahun 2017-2019. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I (Pendahuluan) watermark.pdf

Download (381kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V (Penutup) watermark.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka watermark.pdf

Download (385kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
full skripsi dan watermark.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor perubahan orientasi kebijakan luar negeri Amerika Serikat dalam keterlibatannya terhadap krisis diplomatik Qatar-Arab Saudi tahun 2017-2019. Hal ini menjadi penting karena dalam keterlibatannya, Amerika Serikat menggunakan pendekatan dalam kebijakan luar negeri yang terksesan tidak konsisten. Di samping itu Amerika Serikat sebagai negara kuat tidak menunjukkan sikap yang netral dan cenderung melakukan keberpihakan. Hal ini disebabkan karena adanya pihak lain yang terlibat dalam memengaruhi kebijakan, yakni domestik. Penelitian ini menggunakan konsep “Who Influence U.S Foreign Policy” oleh Jacob R. Lawrence dan Benjamin I. Page untuk menjawab pertanyaan penelitian. Penelitian ini merupakan penelitian eksplanatif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun hasil dari penelitian ini adalah terdapat tiga faktor yang memengaruhi perubahan orientasi kebijakan luar negeri Amerika Serikat dalam keterlibatannya terhadap krisis diplomatik Qatar-Arab Saudi, yakni faktor kelompok kepentingan dan neoliberalis; faktor kelompok epistemik (think tank); faktor opini publik. Namun dari ketiga faktor tersebut, faktor kelompok kepentingan dan neoliberalis, menjadi faktor yang paling signifikan, hal ini dilihat dari keterlibatan Jared Kushner melalui Kushner Companies dalam memengaruhi perubahan orientasi presiden Donald Trump dalam mengambil kebijakan luar negeri Amerika Serikat terhadap krisis diplomatik Qatar-Arab Saudi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Zulkifli Harza, Ph.D
Subjects: J Political Science > JZ International relations
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Depositing User: s1 ilmu hubungan internasional
Date Deposited: 04 Feb 2021 08:53
Last Modified: 04 Feb 2021 08:53
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/69680

Actions (login required)

View Item View Item