Pengaruh Pemberian Ekstrak Jahe (Zingiber officinale) dan Ekstrak Daun Wortel (Daucus carota) Melalui Air Minum Terhadap Kualitas Telur Ayam Arab (Galus turcicus)

Fadilah, Anursa (2020) Pengaruh Pemberian Ekstrak Jahe (Zingiber officinale) dan Ekstrak Daun Wortel (Daucus carota) Melalui Air Minum Terhadap Kualitas Telur Ayam Arab (Galus turcicus). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover)
Cover.pdf - Published Version

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1)
Bab 1.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 5)
Bab 5.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DaPus.pdf - Published Version

Download (181kB) | Preview
[img] Text (Full Skripsi)
Full Skripsi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK JAHE (Zingiber officinale) DAN DAUN WORTEL (Daucus carota) MELALUI AIR MINUM TERHADAP KUALITAS TELUR AYAM ARAB (Gallus turcicus) Fadilah Anursa, dibawah bimbingan Dr.drh. Yulia Yellita, MP dan Dr. Ir. Zulkarnain, MS Program Studi Peternakan Fakultas Peternakan Universitas Andalas Padang, 2021 ABSTRAK Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian ekstrak jahe (Zingiber officinale) dan ekstrak daun wortel ((Daucus carota) terhadap kualitas telur antara lain berat telur, haugh unit, dan indeks kuning telur. Penelitian ini menggunakan ayam arab (Gallus tursiccus) yang berumur 24 bulan sebanyak 28 ekor dan diberi perlakuan selama 28 hari. Kandang yang digunakan pada penelitian ini yaitu kandang baterai yang terbuat dari kawat. Setiap unit kandang berukuran 41 x 25 x 30 cm, dilengkapi dengan tempat makan dan minum. Masing-masing unit kandang ditempati oleh satu ekor ayam. Penelitian ini dilakukan dengan metoda eksperimen menggunakan rancangan acak lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan dan 4 ulangan selama 28 hari. Perlakuan tersebut adalah A = Tanpa Jahe dan Daun wortel (Kontrol), B= Jahe 0,1 gr/kg BB + daun wortel 0,1 gr/kg BB, C = Jahe 0,2 gr/kg BB + daun wortel 0,1 gr/kg BB, D= Jahe 0,1 gr/kg BB + daun wortel 0,2 gr/kg BB. Peubah yang diamati adalah berat telur, haugh unit dan indeks kuning telur ayam arab. Hasil analisis keragaman menunjukkan pemberian ekstrak jahe dan ekstrak daun wortel tidak berpengaruh nyata (P>0,05) terhadap berat telur dan haugh unit, tetapi berpengaruh nyata (P<0,05) terhadap indeks kuning telur. Disimpulkan bahwa pemberian ekstrak jahe dan daun wortel tidak mempengaruhi berat telur dan haugh unit, namun berpengaruh terhadap indeks kuning telur. Kata kunci : Ayam Arab, Berat, Ekstrak, Haugh unit, Indek Kuning, Jahe, Telur, Wortel

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. drh. Yulia Yellita, MP
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 peternakan peternakan
Date Deposited: 04 Feb 2021 04:19
Last Modified: 04 Feb 2021 04:19
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/69526

Actions (login required)

View Item View Item