Green Synthesis Material Komposit CuFe2O4/Karbon Aktif Menggunakan Limbah Tandan Kosong Kelapa Sawit Sebagai Sumber Karbon dan Uji Aktivitasnya

Heri, Mafiraji ATMOKO (2021) Green Synthesis Material Komposit CuFe2O4/Karbon Aktif Menggunakan Limbah Tandan Kosong Kelapa Sawit Sebagai Sumber Karbon dan Uji Aktivitasnya. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (BAB 1 (PENDAHULUAN))
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB AKHIR (PENUTUP))
BAB V AKHIR.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (350kB) | Preview
[img] Text (TUGAS AKHIR UTUH)
SKRIPSI HERI MAFIRAJI ATMOKO.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Pada penelitian ini telah dilakukan sintesis komposit CuFe2O4/Karbon aktif secara hidrotermal menggunakan karbon yang berasal dari limbah tandan kosong kelapa sawit dan ekstrak daun sirih hijau (Piper betle Linn.) sebagai capping agent¬. Nanopartikel CuFe2O4 disintesis menggunakan variasi volume ekstrak daun sirih hijau sebanyak 3 dan 5 mL (CuEk3N dan CuEk5N) dan dilanjutkan dengan sintesis komposit CuFe2O4/Karbon aktif menggunakan variasi komposisi CuFe2O4 dan karbon aktif (CuKA 1, CuKA 2, CuKA 3, dan CuKA 4). Material yang telah diperoleh dikarakterisasi menggunakan XRD (X-ray Diffraction), FT-IR (Fourier Transform-Infra Red), DRS UV-Vis (Diffuse Reflectance Spectroscopy UV-Visible), SEM-EDX (Scanning Electron Microscope-Energy Dispersive X-ray), dan VSM (Vibrating Sample Magnetometer). Hasil karakterisasi dengan XRD menunjukkan komposit CuKA 1, CuKA 2, CuKA 3, dan CuKA 4 menampilkan puncak dominan yang sesuai dan identik dengan pola difraksi CuFe2O4 dengan ukuran kristal masing-masingnya adalah 24, 25, 26, dan 26,1 nm. Hasil karakterisasi dengan FT-IR menunjukkan adanya serapan pada ~540-600 cm-1 yang mengkonfirmasi adanya struktur spinel ferrit pada subkisi tetrahedral didalam komposit. Hasil karakterisasi dengan DRS UV-Vis menunjukkan bahwa komposit CuFe2O4/Karbon aktif memiliki kemampuan dalam menyerap energi pada daerah sinar tampak. Hasil karakterisasi dengan SEM-EDX menampilkan morfologi nanopartikel CuFe2O4 berbentuk bulat pipih yang terdistribusi merata pada permukaan komposit dengan kandungan unsur C dan O yang mendominasi didalamnya. Komposit CuFe2O4/Karbon aktif menampilkan sifat soft-ferromagnetik pada suhu kamar. Komposit CuKA 4 menampilkan aktivitas fotokatalitik paling baik dalam mendegradasi zat warna rodamin B, yaitu sebesar 92,10% dengan waktu penyinaran selama 2 jam pada konsentrasi zat warna 10 mgL-1. Kata kunci: CuFe2O4/Karbon aktif, limbah tandan kosong kelapa sawit, ekstrak daun sirih hijau, soft-ferromagnetik, rodamin B.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Rahmayeni, M.S
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Depositing User: s1 kimia kimia
Date Deposited: 04 Feb 2021 07:38
Last Modified: 04 Feb 2021 07:38
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/69511

Actions (login required)

View Item View Item