KOMITMEN KARYAWAN DAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK APARATUR NEGARA DALAMRANGKAMENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI INDONESIA Studi Kasus : Kantor Imigrasi Kelas II Bukittinggi Sumatera Barat

RIVANDI, AHMAD (2013) KOMITMEN KARYAWAN DAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK APARATUR NEGARA DALAMRANGKAMENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI INDONESIA Studi Kasus : Kantor Imigrasi Kelas II Bukittinggi Sumatera Barat. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (SKRIPSI)
569.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (828kB)

Abstract

Peran aparatur negara atau pemerintah tidak akan terlepas dari kehidupan masyarakat Indonesia sebagai warga negara yang baik dan taat hukum. Masyarakat Indonesia yang menggunakan jasa aparatur negara selain untuk memenuhi kebutuhan mereka juga sebagai bentuk kewajiban sebagai warga negara. Sebagai aparatur negara komitmen karyawan sangat dibutuhkan, yaitu komitmen untuk melakukan pekerjaan secara profesional dan memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakatnya. Di sisi lain, karyawan yang berkomitmen memberikan kontribusi besar kepada organisasi karena mereka melakukan dan berperilaku dalam mencapai tujuan organisasi. Menurut Greenberg dan Baron (1993), karyawan yang memiliki komitmen organisasi yang tinggi akan cendrung untuk lebih produktif dan pada akhirnya akan menguntungkan organisasi. Selain itu, pekerja yang berkomitmen untuk organisasi mereka senang untuk menjadi anggota itu, percaya dan merasa baik dalam organisasi dan melakukan apa saja yang terbaik untuk organisasi. 115 Committed employees give a big contribution to organizations because they perform and behave on achieving organizations' goals. Furthermore, workers who are committed to their organization are happy to be members of it, believe in and feel good about the organization and what it stands for, and intend to do what is good for the organization (George and Jones, 1996 dalam Sutanto 1999). Artinya: karyawan yang berkomitmen memberikan kontribusi yang besar bagi organisasi karena mereka melakukan dan menunjukkan reaksi dalam pencapaian tujuan organisasi. Selanjutnya, pekerja yang berkomitmen untuk organisasi mereka selalu bergembira sebagai anggota dari organisasi tersebut. Meyakini dan dapat merasakan tujuan organisasi dan apa yang menjadi pendirian dalam organisasi, dan memiliki maksud untuk melakukan apa yang baik bagi organisasi (George dan Jones, 1996 dalam Sutanto 1999). Komitmen karyawan atau pegawai dalam istilah untuk instansi pemerintah adalah salah satu bagian dari sifat yang harus dimiliki oleh setiap karyawan/pegawai sebagai bukti bahwa dia mempunyai rasa memiliki dan rasa tanggung jawab terhadap organisasi tempat mereka bekerja. Hal ini antara lain dikarenakan organisasi membutuhkan karyawan/pegawai yang memiliki komitmen organisasi yang tinggi agar organisasi dapat terus bertahan serta meningkatkan produktifitasnya untuk dapat memenuhi kebutuhan dan kepuasan masyarakat. Menurut Greenberg dan Baron (1993), karyawan yang memiliki komitmen organisasi yang tinggi adalah karyawan yang lebih stabil dan lebih produktif sehingga pada akhirnya juga lebih menguntungkan bagi organisasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Yth Vebi Dwi Putra
Date Deposited: 03 May 2016 03:45
Last Modified: 03 May 2016 03:45
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/6948

Actions (login required)

View Item View Item