PENGARUH STRUKTUR AKTIVA, PERTUMBUHAN PENJUALAN DAN PROFITABILITAS TERHADAP STRUKTUR MODAL PERUSAHAAN MANUFAKTUR SEKTOR INDUSTRI DASAR DAN KIMIA YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2015-2017

YURIZKI, ADHA (2020) PENGARUH STRUKTUR AKTIVA, PERTUMBUHAN PENJUALAN DAN PROFITABILITAS TERHADAP STRUKTUR MODAL PERUSAHAAN MANUFAKTUR SEKTOR INDUSTRI DASAR DAN KIMIA YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2015-2017. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (345kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (424kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (424kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
CamScanner 02-03-2021 12.03-digabungkan.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruhProfitabilitas, Struktur Aktiva dan Pertumbuhan Penjuala terhadap Struktur Modal pada perusahaan sektor Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2015–2017. Sampel penelitian sebanyak 34 perusahaan dengan observasi 102. Perusahaan manufaktur yang merupakan perusahaan industri pengolahan yang mengolah bahan baku menjadi barang setengah jadi atau barang jadi. Perusahaan manufaktur identik dengan pabrik yang mengaplikasikan mesin-mesin, peralatan, teknik rekayasa dan tenaga kerja. Sample penelitian ini menggunakan metode purposive sampling. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder. Teknik analisis data yang digunakan adalah Pengujian Regresi Panel, Statistik Deskriptif, Uji Asumsi Klasik, Analisis Regresi Linear Berganda, dan Uji Hipotesis dengan Uji Parsial (uji t) dan Uji F. Hasil penelitian menemukan bahwa secara parsial pengaruh Struktur Aktiva berpengaruh positif dan signifikan terhadap Struktur Modal perusahaan. Hal ini menunjukan bahwa semakin tinggi Struktur Aktiva, maka akan menyebabkan meningkatnya Struktur Modal dan sebaliknya jika terjadi penurunan pada Struktur Aktiva maka Struktur modal juga akan turun. Pengaruh Growth berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Struktur Modal perusahaan. Sementara Profitailitas berpengaruh negative signifikan terhadap Struktur Modal Perusahaan. Artinya semakin besar keuntungan yang diperoleh oleh perusahaan maka Struktur aktiva yg berasal dari hutang jangka panjang akan menurun, begitu juga sebaliknya apabila keuntungan menurun maka hutang jangka panjang akan meningkat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: MOHAMAD FANY ALFARISI
Uncontrolled Keywords: Profitabilitas, Struktur Aktiva, Growth, Struktur Modal
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: S1 Manajemen Fakultas Ekonomi
Date Deposited: 03 Feb 2021 08:23
Last Modified: 03 Feb 2021 08:23
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/69463

Actions (login required)

View Item View Item