PERBEDAAN TINGKAT PENGETAHUAN PENERAPAN KAIDAH DASAR BIOETIKA DALAM PRAKTIK KEDOKTERAN PADA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS ANDALAS

Raditya, Arya Dewanda (2021) PERBEDAAN TINGKAT PENGETAHUAN PENERAPAN KAIDAH DASAR BIOETIKA DALAM PRAKTIK KEDOKTERAN PADA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS ANDALAS. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover + Abstrak (1).pdf - Published Version

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 7.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (139kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Raditya Arya Dewanda Watermark (2).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kaidah dasar bioetika merupakan salahsatu materi yang diajarkan kepada mahasiswa kedokteran. Dengan tingkat pengetahuan yang cukup mengenai kaidah dasar bioetika, dokter dapat menangani pasien dengan tepat dan optimal. Penelitian ini bertujuan mengetahui perbedaan tingkat pengetahuan penerapan kaidah dasar bioetika dalam praktik kedokteran pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Andalas. Penelitian ini merupakan penelitian analitik observasional dengan desain cross sectional study dan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik consecutive sampling, yang mana didapatkan sebanyak total 243 responden. Data penelitian berupa data primer menggunakan Questionnaire Tes Kaidah Dasar Bioetika sebagai alat ukurnya dengan hasil ukur yang didapatkan akan bernilai 0-8 dan dianggap memiliki pengetahuan yang baik apabila mendapatkan skor >5. Analisis data menggunakan analisis bivariate oneway ANOVA dan uji Independent T. Hasil penelitian mendapatkan responden yang memiliki pengetahuan yang baik berjumlah sebanyak 29 % pada angkatan 2017, 20 % pada angkatan 2018, dan 10 % pada angkatan 2019, dengan persentase totalnya senilai 20 % serta terdapat perbedaan yang signifikan nilai rerata tingkat pengetahuan berdasarkan tahun masuk dan jenis kelamin yang mana angkatan 2017 lebih tinggi dibandingkan angkatan dibawahnya serta mahasiswa perempuan skornya lebih dari skor mahasiswa laki-laki. Kesimpulan penelitian ini adalah angkatan yang lebih dulu masuk memiliki tingkat pengetahuan yang lebih baik dibandingkan angkatan dibawahnya dikarenakan faktor pendidikan dan mahasiswa perempuan memiliki tingkat pengetahuan yang lebih baik dibandingkan mahasiswa laki-laki dikarenakan faktor perempuan lebih baik dalam mengambil langkah yang berhubungan dengan etika.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: dr. Taufik Hidayat, M.Sc, Sp.FM, M.Sc
Uncontrolled Keywords: kaidah dasar bioetika, mahasiswa kedokteran
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1001 Forensic Medicine. Medical jurisprudence. Legal medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 03 Feb 2021 08:46
Last Modified: 03 Feb 2021 08:46
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/69346

Actions (login required)

View Item View Item