“MARACUN” PENGETAHUAN PETANI DALAM PENGGUNAAN PESTISIDA Studi Kasus: Petani Sayur di Nagari Kampung Batu Dalam, Kecamatan Danau Kembar, Kabupaten Solok)

MUSTIKA, ILLAHI (2020) “MARACUN” PENGETAHUAN PETANI DALAM PENGGUNAAN PESTISIDA Studi Kasus: Petani Sayur di Nagari Kampung Batu Dalam, Kecamatan Danau Kembar, Kabupaten Solok). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Pendahuluan)
BAB I.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Penutup)
BAB V.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
skripsi full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

INTISARI Mustika Illahi. 1510821020. Jurusan Antropologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Andalas, Padang, 2020. Judul “Maracun” Pengetahuan Petani Dalam Penggunaan Petisida (Studi Kasus: Petani sayur di Nagari Kampung Batu Dalam, Kecamatan Danau Kembar, Kabupaten Solok). Salah satu perkembangan dalam bidang pertanian juga dirasakan oleh petani di Kampung Batu Dalam adalah penggunaan pestisida. Penggunaan pestisida menjadi salah satu cara pembasmi hama bagi petani, karena pestisida memberikan manfaat yang cepat bagi tanaman petani. Apabila tanaman terkena hama maka pestisida langsung diberikan pada tanaman tersebut. Ternyata, pada saat ini penggunaan pestisida bukan hanya sebagai pembasmi hama. Terdapat kegunaan lain yaitu sebagai pejaga tanaman agar terhindar dari hama dan penyakit. Sehingga intensitas pemberian pestisida pada tanaman sayur semangkin meningkat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan praktek penggunaan petisida pada pertanian sayur di daerah sentral sayuran. Mendeskripsikan klasifikasi jenis tanaman, penyakit tanaman serta pestisida-pestisida yang digunakan untuk membasmi hama dan untuk menjaga tanama. Serta, untuk mengetahuan dari mana sumber pngeahuan yang dimiliki petani dalam memberikan pestisida dan alasan-alasan petani masih menggunakan pestisida pada saat ini. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif bersifat deskriptif. Adapun teknik penggumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan studi kepustakaan. Untuk pemilihan informan menggunakan teknik purposive dimana informan dipilih sesuai dengan kriteria yang ditentukan. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan memilih data yang didapatakan dan dikategorikan berdasarkan kategori yang telah ada. Kemudian penulis membagi informan menjadi dua kategori yaitu infoman kunci dan juga informan biasa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa petani melakukan pengkategorisasian tanaman berdasarkan pestisida yang digunakan. Petani membagi tanaman menjadi dua secara kesehatan yaitu tanaman yang sehat dan sakit. Kemudian petani membagi dua tanaman sesuai dengan perawatannya yaitu tanaman dengan perawatan yang mudah dan tanaman dengan perawatan yang sulit. Pestisida masih digunakan oleh petani karena maih menjadi salah satu pembunuh hama dan juga cara perolehan pestisida yang sangat mudah. Pemberian pestisida dilakukan dengan cara pencampuran jenis pestisida minima 5 jenis dalam satu kali penyemprotan. Pengetahuan yang didapatkan oleh petani dalam penggunaan pestisida berasal dari pengalaman pribdi petani dan juga belajar dari penjaga kios pertanian, sales produk pestisida serta dari sesama petani. Kata Kunci : Petani Sayur, Pestisida, Sistem Pengetahuan Maracun

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Depositing User: s1 antropologi sosial
Date Deposited: 03 Feb 2021 04:19
Last Modified: 03 Feb 2021 04:19
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/69327

Actions (login required)

View Item View Item