STUDI PEMANGSAAN Pardosa pseudoannulata Boesenberg & Strand. (Araneae: Lycosidae) DAN LARVA Verania lineata Thunberg. (Coleoptera: Coccinellidae) PADA BEBERAPA KEPADATAN POPULASI WERENG BATANG COKLAT (Nilaparvata lugens Stal.) (Hemiptera: Delphacidae)

Refva, Diakasma (2021) STUDI PEMANGSAAN Pardosa pseudoannulata Boesenberg & Strand. (Araneae: Lycosidae) DAN LARVA Verania lineata Thunberg. (Coleoptera: Coccinellidae) PADA BEBERAPA KEPADATAN POPULASI WERENG BATANG COKLAT (Nilaparvata lugens Stal.) (Hemiptera: Delphacidae). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
abstrak.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5 Penutup)
BAB 5 Penutup.pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (43kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

STUDI PEMANGSAAN Pardosa pseudoannulata Boesenberg & Strand. (Araneae: Lycosidae) DAN LARVA Verania lineata Thunberg. (Coleoptera: Coccinellidae) PADA BEBERAPA KEPADATAN POPULASI WERENG BATANG COKLAT (Nilaparvata lugens Stal.) (Hemiptera: Delphacidae) Abstrak Pardosa pseudoannulata dan larva Verania lineata merupakan predator yang dapat menekan populasi Wereng Batang Coklat (WBC) di lapangan. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari pemangsaan gabungan P. pseudoannulata dan larva V. lineata pada beberapa kepadatan populasi WBC. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari 5 perlakuan dan 6 ulangan. Perlakuan terdiri dari kepadatan populasi WBC yang berbeda yaitu 5, 10, 15, 20 dan 25 ekor. Wereng batang coklat yang digunakan adalah nimfa instar 2 atau 3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemangsaan P. pseudoannulata dan larva V. lineata meningkat seiring dengan meningkatnya kepadatan WBC. Pemangsaan tertinggi terjadi pada kepadatan 25 yaitu 16 ekor/24 jam. Tanggap fungsional gabungan predator P. pseudoannulata dan larva V. lineata selama 24 jam adalah tipe III (Logaritmik). P. pseudoannulata dan larva V. lineata memiliki kecenderungan pada awal pemangsaan berlangsung lambat, diikuti dengan peningkatan yang lebih cepat kemudian konstan. Hasil penelitian ini menunjukkan potensi terjadinya kompetisi interspesifik antara P. pseudoannulata dan larva V. lineata. Kompetisi cenderung dimenangkan oleh P. pseudoannulata dengan nilai kompetisi tertinggi yaitu 1,50. Kata kunci: Agen hayati, Predator, Kompetisi, Tanaman padi, Tanggap fungsional

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ir. Arneti, M.S
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: S1 Agroteknologi Agroteknologi
Date Deposited: 18 Feb 2021 04:51
Last Modified: 18 Feb 2021 04:51
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/69215

Actions (login required)

View Item View Item