Pengaruh Campuran dari Karbon Aktif Kulit Kacang Tanah (Arachis hypogaea) dan Karbon Limbah Baterai terhadap Kinerja Elektroda Superkapasitor

Mahfuz, Imami (2021) Pengaruh Campuran dari Karbon Aktif Kulit Kacang Tanah (Arachis hypogaea) dan Karbon Limbah Baterai terhadap Kinerja Elektroda Superkapasitor. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover + Abstrak)
COVER + ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (507kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (270kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (393kB) | Preview
[img] Text (skripsi full text)
Skripsi Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Campuran karbon aktif dari kulit kacang tanah dan karbon dari limbah baterai sebagai bahan elektroda superkapasitor dengan perbandingan variasi massa telah dipelajari. Morfologi permukaan karbon aktif dikarakterisasi dengan menggunakan SEM-EDX (Scanning Electron Microscope-Energy Dispersive X-Ray), FTIR (Fourier Transform Infrared), dan SAA (Surface Area Analyzer). Pengaruh jenis elektrolit juga dilakukan dalam penelitian ini, dimana H3PO4 memberikan nilai kapasitansi 8,5735 kali lebih besar dibandingkan dengan KOH. Nilai kapasitansi elektroda superkapasitor berbahan dasar campuran karbon aktif kulit kacang tanah dan karbon limbah baterai pada perbandingan massa 1:4, luas plat elektroda 3x3 cm2, konsentrasi larutan elektrolit H3PO4 0,4 N, dan lama waktu pengisian 45 menit adalah 192,02 μF dengan nilai konduktivitas 37,22x10-5 Ω-1cm-1. Pencampuran karbon aktif kulit kacang tanah dan karbon limbah baterai menambah variasi struktur mikropori dan mesopori elektroda superkapasitor sehingga meningkatkan nilai kapasitansi, yaitu 14,74 kali lebih besar dibandingkan dengan nilai kapasitansi karbon aktif kulit kacang tanah tanpa penambahan karbon limbah baterai. Kata kunci : Karbon aktif dari kulit kacang tanah, karbon dari limbah baterai, superkapasitor, kapasitansi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Hermansyah Aziz
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Depositing User: s1 kimia kimia
Date Deposited: 02 Feb 2021 08:21
Last Modified: 02 Feb 2021 08:21
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/69081

Actions (login required)

View Item View Item