PEMENUHAN HAK ANAK DISABILITAS (PENYANDANG CACAT) UNTUK MENDAPATKAN PENDIDIKAN INKLUSIF DI KOTA PADANG

ONDRIKA, CHANDRA (2014) PEMENUHAN HAK ANAK DISABILITAS (PENYANDANG CACAT) UNTUK MENDAPATKAN PENDIDIKAN INKLUSIF DI KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Skripsi Full Text)
201409261613th_skripsi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (979kB)

Abstract

Pendidikan merupakan proses pembelajaran secara langsung maupun tidak langsung antara seseorang maupun golongan yang dengan sengaja atau tidak disengaja melakukan kegiatan pembelajaran baik disuatu ruangan maupun secara terbuka untuk menambahkan ilmu pengetahuan kepada seseorang yang belum faham akan pendidikan itu. Hak atas pendidikan merupakan hak asasi manusia yang dijamin oleh Konstitusi dan Undang- Undang. Bahkan itu merupakan salah satu amanat utama dari pembentukan dan pendirian Negara Republik Indonesia yang merdeka, sebagaimana yang tercantum dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Semua anak berhak mendapatkan pendidikan, tidak hanya kepada anak yang terlahir normal, anak yang terlahir dengan tidak normal atau cacat juga mendapatkan pendidikan dan hak pendidikan yang sama. Adapun yang menjadi permasalahan yang menjadi kajian dalam skripsi ini adalah: PertamaBagaimanaPelaksanaanPemenuhanHakbagianakPenyandangCacat (Disabilitas) untukmendapatkanPendidikanInklusif di Kota Padang? KeduaApasajaKendala-kendaladalam Proses PenyelenggaraanPendidikanInklusif di Kota Padang? Metode penelitian yang dilakukan menggunakan pendekatan yuridis sosiologis yaitu penelitian yang dilakukan langsung ke lapangan untuk memperoleh data primer, yang akan dianalisis dengan peraturan hukum yang berhubungan tentang Pemenuhan Hak Anak PenyandangCacat (Disabilitas)untukmendapatkanPendidikanInklusifdi Kota Padang, dan untuk sumber data berasal dari data primer dan data sekunder. Data yang didapat tersebut dianalisis secara kualitatif, sehingga diperoleh gambaran yang akurat dari segi uraian kata-kata yang diperoleh dari tempat penelitian. Berdasarkan penelitian yang penulis lakukan dapat diambil kesimpulan bahwa anak berkebutuhan khusus atau anak cacat juga mendapatkan pendidikan yang sama dengan anak normal pada umumnya. Ini terlihat dengan dikeluarkannya Peraturan Walikota Padang Nomor 19 Tahun 2013 Tentang Pendidikan Khusus dan Layanan Khusus, sehingga anak berkebutuhan khusus atau anak cacat di Kota Padang bisa bersekolah di sekolah umum dengan didampingi oleh guru pendamping khusus.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Mr Beni Adriyassin
Date Deposited: 03 May 2016 02:58
Last Modified: 03 May 2016 02:58
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/6908

Actions (login required)

View Item View Item