INVIGORASI BENIH PADI (Oryza sativa L.) VARIETAS BATANG PIAMAN DENGAN METODE OSMOCONDITIONING PADA BERBAGAI KONSENTRASI POTENSIAL OSMOTIK PEG 6000

Cyntia, Asmarani Nasution (2020) INVIGORASI BENIH PADI (Oryza sativa L.) VARIETAS BATANG PIAMAN DENGAN METODE OSMOCONDITIONING PADA BERBAGAI KONSENTRASI POTENSIAL OSMOTIK PEG 6000. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (788kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 5 Penutup)
Bab 5 Penutup.pdf - Published Version

Download (696kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (641kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
skripsi full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Invigorasi benih merupakan salah satu metode yang dapat digunakan untuk mengatasi benih-benih yang telah mengalami penyimpanan. Salah satu metode yang dianggap efektif dalam invigorasi benih yaitu osmoconditioning dengan menggunakan PEG 6000. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan perlakuan konsentrasi potensial PEG 6000 terbaik dalam meningkatkan mutu fisiologis benih padi varietas Batang Piaman yang telah disimpan selama 2 tahun. Penelitian dilaksanakan Juli sampai September 2019 di Laboratorium Teknologi Benih Fakultas Pertanian Universitas Andalas. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari enam konsentrasi PEG-6000 yaitu 0 bar, -5 bar, -7,5 bar, -10 bar, -12,5 bar dan -15 bar. Data dianalisis dengan uji F dan dilanjutkan dengan uji Duncan’sNew Multiple Range Test (DNMRT) pada taraf 5%. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa perendaman selama 3 hari dengan menggunakan -10 bar PEG 6000 merupakan perlakuan terbaik yang dapat meningkatkan daya kecambah benih padi yang telah mengalami kemunduran mutu fisiologis benih padi dari ±50% menjadi 72,50%. Osmoconditioning dengan PEG 6000 terbukti memberikan peningkatan pada daya kecambah benih, potensi tumbuh maksimum, perkecambahan hitung pertama, dan nilai indeks benih padi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Aprizal Zainal,SP, M.Si
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: invigorasi, mutu fisiologis, osmoconditioning, padi, PEG 6000
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: S1 Agroteknologi Agroteknologi
Date Deposited: 02 Feb 2021 07:39
Last Modified: 02 Feb 2021 07:39
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/68968

Actions (login required)

View Item View Item