KAJIAN LITERATUR PENYISIHAN LOGAM TIMBAL (Pb) DARI AIR LIMBAH MENGGUNAKAN SERBUK GERGAJI KAYU SEBAGAI ADSORBEN PADA PROSES ADSORPSI BATCH DAN KONTINU

Syahridini, Rasyada (2021) KAJIAN LITERATUR PENYISIHAN LOGAM TIMBAL (Pb) DARI AIR LIMBAH MENGGUNAKAN SERBUK GERGAJI KAYU SEBAGAI ADSORBEN PADA PROSES ADSORPSI BATCH DAN KONTINU. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER & ABSTRK TA SYAHRIDINI RASYADA.pdf - Published Version

Download (246kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I TA SYAHRIDINI RASYADA.pdf - Published Version

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB PENUTUP TA SYAHRIDINI RASYADA.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA TA SYAHRIDINI RASYADA.pdf - Published Version

Download (432kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
TUGAS AKHIR Syahridini Rasyada 1610943001.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Timbal (Pb) merupakan logam berat yang bersifat toksik bagi manusia dan lingkungan. Salah satu cara untuk menyisihkan logam timbal adalah dengan teknik adsorpsi. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara literatur penyisihan logam Pb dari air limbah industri pada sistem adsorpsi secara batch dan kontinu menggunakan adsorben serbuk gergaji kayu. Serbuk gergaji kayu yang digunakan adalah serbuk gergaji kayu Beech, Pinus Aljazair dan Aleppo, Meranti, Pohon Karet, Cemara Picea smithiana dan Cupressus sempervirens L. Serbuk gergaji kayu diaktivasi secara fisik dan kimia terlebih dahulu. Parameter yang dikaji pada sistem batch meliputi dosis dan diameter adsorben, konsentrasi dan pH adsorbat serta waktu kontak adsorpsi, sedangkan pada sistem kontinu adalah konsentrasi adsorbat, laju alir influen dan ketinggian bed adsorben. Hasil kajian literatur menunjukkan bahwa parameter yang dikaji pada sistem batch sangat mempengaruhi efisiensi penyisihan Pb dari air limbah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi optimum untuk masing-masing parameter adalah dosis adsorben pada rentang 8-30 mg/L, konsentrasi adsorbat 1-50 mg/L, waktu kontak selama 40 menit, diameter adsorben kecil dari 0,2 mm dan pH pada rentang 4-7. Efisiensi penyisihan secara batch berada pada rentang 91,3-99,98%. Selanjutnya pada kajian adsorpsi secara kontinu, perbandingan tinggi dan diameter kolom yang digunakan adalah 4:1-7:1. Hasil penelitian membuktikan bahwa ketiga parameter mempengaruhi proses adsorpsi. Kapasitas adsorpsi meningkat dengan meningkatnya konsentrasi adsorbat dan ketinggian bed adsorben serta laju alir influen yang semakin rendah dan rentang kapasitas adsorpsi adalah 7,9-38,56 mg/g. Hasil kajian literatur membuktikan bahwa serbuk gergaji kayu berpotensi untuk digunakan sebagai alternatif adsorben untuk penyisihan logam Pb dari air limbah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Eng. Shinta Indah
Uncontrolled Keywords: adsorpsi, batch, kontinu, logam Pb, serbuk gergaji kayu
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Lingkungan
Depositing User: s1 teknik lingkungan
Date Deposited: 01 Feb 2021 04:51
Last Modified: 01 Feb 2021 04:51
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/68929

Actions (login required)

View Item View Item