PENGARUH DOSIS KROMIUM DAN LAMA FERMENTASI KULIT BUAH KAKAO DENGAN Aspergillus oryzae TERHADAP AKTIVITAS ENZIM SELULASE, KANDUNGAN SERAT KASAR, DAN KECERNAAN SERAT KASAR

Akbar, Hudaya Trijaya Darma (2021) PENGARUH DOSIS KROMIUM DAN LAMA FERMENTASI KULIT BUAH KAKAO DENGAN Aspergillus oryzae TERHADAP AKTIVITAS ENZIM SELULASE, KANDUNGAN SERAT KASAR, DAN KECERNAAN SERAT KASAR. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (614kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (390kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 5)
Bab 5 Penutup.pdf - Published Version

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (318kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skrips Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dosis kromium dan lama fermentasi kulit buah kakao dengan Aspergillus oryzae terhadap aktivitas enzim selulase, kandungan serat kasar dan kecernaan serat kasar. Materi penelitian ini menggunakan kulit buah kakao (KBK), kromium, Aspergillus oryzae, peralatan laboratorium dan ayam broiler sebanyak 18 ekor berat 1,6 kg. Metode dalam eksperimen ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) pola faktorial 2x3 dengan tiga ulangan. Faktor A adalah lama fermentasi (4 dan 6 hari) dan faktor B adalah level pemberian kromium (6, 8, 10 mg/kg substrat). Peubah yang diamati yaitu aktivitas enzim selulase, kandungan serat kasar dan kecernaan serat kasar. Hasil analisis keragaman menunjukkan tidak terdapat interaksi antara dosis kromium dan lama fermentasi, tetapi masing-masing faktor A dan B menunjukan pengaruh yang sangat nyata (P<0,01) terhadap aktivitas enzim selulase, kandungan serat kasar dan kecernaan serat kasar. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa KBK yang difermentasi dengan Aspergillus oryzae pada dosis kromium 10 mg/kg dengan lama fermentasi 4 hari merupakan perlakuan terbaik yang mampu meningkatkan aktivitas enzim selulase, menurunkan kandungan serat kasar dan meningkatkan kecernaan serat kasar. Pada kondisi ini diperoleh aktivitas enzim selulase 1,2700 U/ml, kandungan serat kasar 20,62%, dan kecernaan serat kasar 52,36%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Yuliaty Shafan Nur
Uncontrolled Keywords: Aspergillus oryzae, fermentasi, KBK, kecernaan serat kasar, kromium
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 peternakan peternakan
Date Deposited: 04 Feb 2021 07:18
Last Modified: 04 Feb 2021 07:18
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/68912

Actions (login required)

View Item View Item