PELAKSANAAN VERIFIKASI PARTAI POLITIK PESERTA PEMIIHAN UMUM 2019 DI KOTA PADANG BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 7 TAHUN 2017 TENTANG PEMIIHAN UMUM

Rivaldo, Rifyandrix (2020) PELAKSANAAN VERIFIKASI PARTAI POLITIK PESERTA PEMIIHAN UMUM 2019 DI KOTA PADANG BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 7 TAHUN 2017 TENTANG PEMIIHAN UMUM. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I Pendahuluan)
Bab I.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab IV Penutup)
Bab IV.pdf - Published Version

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (230kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Pengaturan tentang verifikasi partai politik diatur dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum yakni terdapat pada Pasal 173 ayat (1). Frasa ‘yang telah ditetapkan’ pada pasal tersebut mengakibatkan partai politik yang telah lulus verifikasi pemilihan umum sebelumnya dapat menjadi peserta pemilu tanpa harus mengikuti verifikasi ulang. Pasal ini dianggap diskriminatif yang kemudian digugat oleh Partai IDAMAN. Gugatan diterima dan MK mengeluarkan PMK Nomor 53/PUU-XV/2017. Pasal tersebut dinyatakan tidak lagi memiliki kekuatan hukum. Putusan ini menyebabkan semua partai politik harus melakukan verifikasi pada pemilu 2019. Urgensi verifikasi ulang ini terlihat saat ditemukannya dua parpol yang merupakan partai yang lolos verifikasi pada pemilu sebelumnya. Di Kota Padang, KPU Kota Padang menemukan beberapa kejanggalan berupa anggota fiktif dan keanggotaan ganda. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini pertama bagaimana pengaturan verifikasi partai politik pada pemilihan umum 2019, dan yang Kedua bagaimana pelaksanaan verifikasi partai politik peserta pemilihan umum 2019 di Kota Padang. Metode penelitian yang digunakan penulis yaitu yuridis empiris. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data primer dan data sekunder. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah metode penelitian lapangan dan metode penelitian kepustakaan. Tujuan penulisan skripsi ini adalah untuk mengetahui pengaturan verifikasi partai politik dan mengetahui bagaimana pelaksanaan verifikasi Partai Politik Peserta Pemilihan Umum 2019 di Kota Padang. Hasil penelitian pada skripsi ini disimpulkan bahwa pada setiap proses verifikasi terdapat beberapa masalah, yaitu pada verifikasi administrasi keanggotaan KPU Kota Padang menemukan beberapa partai yang tidak memenuhi syarat, terdapat kesalahan data, bukan warga kota padang, keanggotaan ganda, dan berstatus ASN, TNI atau POLRI. Kemudian dalam verifikasi faktual keanggotaan ditemukan keanggotaan ganda, selain itu KPU Kota padang juga menemukan anggota parpol yang tidak mengakui status keanggotaannya, hal ini di tindak lanjuti dengan cara mencoret nama yang bermasalah tersebut. Masalah lainnya yaitu anggota parpol yang alamatnya tidak ditemukan. KPU Kota Padang meminta parpol menghadirkan anggota tersebut ke Kantor KPU Kota Padang, jika tidak hadir maka anggota tersebut dinyatakan tidak memenuhi syarat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Khairul Fahmi, S.H., M.H
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: S1 Ilmu Hukum
Date Deposited: 03 Feb 2021 03:35
Last Modified: 03 Feb 2021 03:35
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/68894

Actions (login required)

View Item View Item