PEMANFAATAN TEPUNG DAUN SIRIH (Piper betle Linn.) DALAM PAKAN TERHADAP PERSENTASE KARKAS, KADAR KOLESTEROL DAN PROTEIN DAGING KARKAS ITIK KAMANG

Nur, Sri Rezeki (2020) PEMANFAATAN TEPUNG DAUN SIRIH (Piper betle Linn.) DALAM PAKAN TERHADAP PERSENTASE KARKAS, KADAR KOLESTEROL DAN PROTEIN DAGING KARKAS ITIK KAMANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover Dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (338kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V Penutup)
BAB V Penutup.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA..pdf - Published Version

Download (343kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text..pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian tepung daun sirih (Piper betle Linn.) dalam pakan terhadap persentase karkas, kadar kolesterol dan kualitas daging karkas itik Kamang. Penelitian ini digunakan itik Kamang DOD 80 ekor. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan 4 perlakuan dan 5 kelompok bobot badan sebagai ulangan. Perlakuan yang diberikan pada penelitian yaitu A (Ransum mengandung 0% tepung daun sirih), B (Ransum mengandung 1% tepung daun sirih), C (Ransum mengandung 2% tepung daun sirih), dan D (Ransum mengandung 3% tepung daun sirih). Parameter yang diamati yaitu persentase karkas, kadar kolesterol dan protein daging karkas itik Kamang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan tepung daun sirih (Piper betle Linn.) dalam pakan berpengaruh tidak nyata (P>0,05) terhadap persentase karkas, berpengaruh sangat nyata (P<0,01) terhadap kadar kolesterol dan berpengaruh tidak nyata (P>0,05) terhadap kadar protein daging karkas itik Kamang. Rataan persentase karkas berkisar antara 61,39-62,88%, kadar kolesterol daging itik kamang terendah diperoleh 28,2 mg/dl, dan rataan persentase protein daging berkisar antara 19,75-20,66%. Kesimpulan penelitian ini adalah pemberian tambahan tepung daun sirih (Piper betle Linn.) dalam pakan hingga taraf 3% dapat menurunkan kadar kolesterol daging itik Kamang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr.Ir.Hj. Tertia Delia Nova,M.Si
Uncontrolled Keywords: Piper betle Linn., Itik lokal, karkas, kolesterol, protein daging
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 peternakan peternakan
Date Deposited: 29 Jan 2021 07:21
Last Modified: 29 Jan 2021 07:21
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/68835

Actions (login required)

View Item View Item