PENGARUH PEMBERIAN LIMBAH KUBIS (Brassica oleracea) DALAM RANSUM TERHADAP KONSUMSI RANSUM, PERTAMBAHAN BOBOT BADAN, DAN KONVERSI RANSUM AYAM BROILER

SINTA, NABILA HUDA (2021) PENGARUH PEMBERIAN LIMBAH KUBIS (Brassica oleracea) DALAM RANSUM TERHADAP KONSUMSI RANSUM, PERTAMBAHAN BOBOT BADAN, DAN KONVERSI RANSUM AYAM BROILER. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (444kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf - Published Version

Download (273kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (403kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh pemberian limbah kubis (Brassica oleracea) dalam ransum ayam broiler terhadap konsumsi ransum, pertambahan bobot badan dan konversi ayam broiler. Penelitian ini dilakukan di Kandang Laboratorium Percobaan Fakultas Peternakan , Universitas Andalas , 22 Februari – 27 Maret 2020. Penelitian ini menggunakan 80 ekor ayam broiler dengan strain lohman galur MB 202 yang dipelihara sampai umur 5 minggu, kandang yang digunakan 16 unit dengan ukuran 75cm x 65cm x 75cm dan masing-masing unit kandang berisi 5 ekor ayam serta dilengkapi tempat makan dan minum. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen yang menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan dan 4 ulangan. Perlakuan adalah penggunaan limbah kubis dalam ransum yaitu perlakuan A (0% limbah kubis), perlakuan B (5% limbah kubis), perlakuan C (10% limbah kubis), perlakuan D (15% limbah kubis). Parameter yang diukur adalah konsumsi ransum, pertambahan bobot badan, dan konversi ransum. Hasil analisis keragaman menunjukan bahwa penggunaan limbah kubis (Brasscica oleracea) 15% dalam ransum memberikan pengaruh berbeda tidak nyata (P>0,05) terhadap konsumsi ransum, pertambahan bobot badan, dan konversi ransum. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pemberian limbah kubis sampai level 15% dalam ransum broiler dapat mempertahankan performa broiler. Pada penelitian diperoleh konsumsi ransum berkisar antara 334,46 – 356,18 g/ekor, pertambahan bobot badan 199,65 – 211,61 g/ekor, dan konversi ransum 1,66- 1,78.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr.Ir. Adrizal, MSi
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 peternakan peternakan
Date Deposited: 29 Jan 2021 02:22
Last Modified: 29 Jan 2021 02:22
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/68723

Actions (login required)

View Item View Item