PENGARUH PENGGUNAAN CAMPURAN LIMBAH BUAH JAGUNG DAN AMPAS TAHU YANG DIFERMENTASI DENGAN Lentinus edodes DALAM RANSUM TERHADAP PERFORMA BROILER

Oktriza, Rahmita Zona (2021) PENGARUH PENGGUNAAN CAMPURAN LIMBAH BUAH JAGUNG DAN AMPAS TAHU YANG DIFERMENTASI DENGAN Lentinus edodes DALAM RANSUM TERHADAP PERFORMA BROILER. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf - Published Version

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (461kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan batasan level dan mempelajari pengaruh penggunaan campuran limbah buah jagung dan ampas tahu yang difermentasi dengan Lentinus edodes (LBJATF) dalam ransum terhadap performa broiler. Penelitian ini menggunakan 80 ekor broiler umur 7 hari strain CP 707 yang dipelihara sampai umur 5 minggu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen yang menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 5 perlakuan dan 4 ulangan. Perlakuan adalah penggunaan LBJTAF dalam ransum yaitu perlakuan A (0% LBJATF), perlakuan B (5% LBJATF), perlakuan C (10% LBJATF), perlakuan D (15% LBJATF) dan perlakuan E (20% LBJATF). Peubah yang diamati adalah konsumsi ransum (g/ekor/hari), pertambahan bobot badan (g/ekor/hari) dan konversi ransum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan campuran limbah buah jagung dan ampas tahu yang difermentasi dengan Lentinus edodes dalam ransum berpengaruh nyata (P<0,05) terhadap konsumsi ransum dan pertambahan bobot badan tetapi berpengaruh tidak nyata (P>0,05) terhadap konversi ransum broiler. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa campuran limbah buah jagung dan ampas tahu yang difermentasi dengan Lentinus edodes dapat digunakan sampai 15% dalam ransum broiler. Pada kondisi ini diperoleh konsumsi ransum 58,03 g/ekor/hari, pertambahan bobot badan 35,23 g/ekor/hari dan konversi ransum 1,65.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Nuraini, MS
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 peternakan peternakan
Date Deposited: 29 Jan 2021 02:18
Last Modified: 29 Jan 2021 02:18
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/68713

Actions (login required)

View Item View Item