PENGARUH EFIKASI DIRI (SELF-EFFICACY) DAN MOTIVASI TERHADAP KEBERHASILAN USAHA KONTER HANDPHONE DI KOTA PAYAKUMBUH (Studi Kasus Pada Pengusaha Konter Handphone di Kota Payakumbuh)

Darma, Ibrahim Oemar (2015) PENGARUH EFIKASI DIRI (SELF-EFFICACY) DAN MOTIVASI TERHADAP KEBERHASILAN USAHA KONTER HANDPHONE DI KOTA PAYAKUMBUH (Studi Kasus Pada Pengusaha Konter Handphone di Kota Payakumbuh). Diploma thesis, UPT. Perpustakaan Unand.

[img] Text
201508241017th_skripsi pdf 44.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Latar Belakang Diera globalisasisepertisekaranginiterjadinya perkembangan telekomunikasi yang sangat pesat di Indonesia.Kebutuhanakankomunikasimengalamipeningkatandanperkembangansec araterusmenerus,haliniakanberdampakpadasemakintingginyakebutuhanakantelepo ngenggam (handphone)dangadget.Seiringdengansemakintingginyapermintaanakanteleponge nggam (handphone)dangadgetmemicuterjadinyaperkembangandanpeningkatanpertumbuh andibidangusahakonterhandphone diseluruh Indonesia. Selainbanyaknya operator telekomunikasi di Indonesia, takkalahbanyaknyajugabermunculankonter-konterhandphone yang menyediakanperlengkapanhandphonemulaidaripulsaisiulangelektrik, agenpulsadankartuperdanauntuksemua operatordenganharga yang bersaing, sertaperlengkapanhandphonelainnyasepertiaksesoris, service handphone, aplikasihandphone,jualhandphonebarudankelengkapanhandphonelainnya di seluruhwilayah Indonesia. Banyaknyakonterkonterhandphonemembuatpersaingan di bisniskonterhandphonemenjadisemakintinggi. 1 Berdasarkan data US Cencus Bureau pada Januari 2014, Indonesia memiliki sekitar 251 juta penduduk. Jumlah itu kalah dibanding pengguna handphone yang berkisar di angka 281 juta.Dengan kata lain, setiap penduduk Indonesia bisa memiliki lebih dari satu handphone untuk mengakses dunia maya. Berdasarkandata diatasmaka (UKM) konterhandphonemenjadisalahsatupeluangbisnisyangmenjanjikan yangbanyakdipiliholehmasyarakat Indonesia.DimanadalamjurnalnyaEndang (2012), menjelaskanbahwa usaha kecil dan menengah (UKM) mempunyai peran yang strategis dalam membangun ekonomi nasional melalui pertumbuhan ekonomi.Dalamkrisisekonomi yang terjadi di Indonesia beberapawaktu yang lalu, banyakusahaberskalabesar yang mengalamipenurunanbahkanberhentiaktivitasnya, berbedahalnyadenganusaha (UKM) yang pengendaliannyalebihmemungkinkan, sehinggasektorusahakecildanmenengah (UKM) terbuktilebihtangguhdalammenghadapikrisisekonomi, olehkarenaitupengembangansektorswastalebihbaikdifokuskanpada UKM. Payakumbuhmerupakankota yangmemilikisektorusahakecilmenengah (UKM) yang cukuppotensial, sehinggakemampuanmasyarakat KotaPayakumbuhpadaumumnyalebihmengembangkanpadausahakecildanmenenga hmereka.Kebutuhanakankomunikasimenggunakanhandphonedangadget,jugaterja dipadamasyarakatKotaPayakumbuh, terbuktidengansemakinbanyaknyabermunculan(UKM) konterhandphone di KotaPayakumbuh. 2 MenurutHutagalung (2008), banyakfaktor yang mempengaruhikeberhasilanusahaparapengusahabaik yang berasaldari internal maupuneksternal. Faktor internal lebihbanyakberasaldaripengusahaitusendiridiantaranyaadalahlatarbelakang, pendidikan, usia, pengalaman, efikasidiri, motivasidanmasalah internal lainnya. Sedangkanfaktoreksternaldihadapkankepadapermasalahdiluarorganisasidiantarany alingkungan, peluang, persaingan, sisteminformasi global, danmasalaheksternallainnya.Seorangwirausahamemerlukan modal, hubungansosial, danpeluanguntukmencapaikeberhasilanusaha, tetapiefikasidiridanmotivasijugadiperlukandalammelakukanpekerjaannyauntukdap atmeraihkeberhasilandalamusahanya (Ie &Visantia, 2013). Setiapindividuwirausahamemerlukankeyakinandiriatauefikasidiridalammel akukanpekerjaannyauntukdapatmeraihkeberhasilan.Efikasidiri (self-efficacy) merujukpadakeyakinanataukepercayaanseseorangbahwadiamemilikikemampuan, motivasi, dansumberdayauntukmenyelesaikansuatutugasdenganberhasil (Mcshane&Glinow, 2004) dalamMuchtar&Ramadini (2011). Efikasi diri menunjukkan perasaan terhadap kemampuan untuk mengerahkan motivasi, tingkat kesadaran dan bagian dari tindakan yang diperlukan untuk memberikan jawaban atas situasi yang terjadi. Seseorang yang memiliki efikasi diri yang tinggi memiliki sikap percaya diri terhadap tugas-tugas yang akan dilakukannya dan terhadap tantangan-tantangan dalam kehidupannya. Orang yang memilikikepercayaandiriakanmemilikikemampuanuntukbekerjadalammengorgani 3 sasi, mengawasidanmeraihkesuksesan (Suryana, 2006) dalam Daulay dan Ramadini, 2013. Suatuusahadapatmeraihkeberhasilanusahaapabilameraihpeningkatandalampenjual an, hasilproduksi, keuntungan, perputarandanaberkembangcepatdanmampumemperolehpertambahanpenghasilan. Menurut Purnama (2010) motivasi itu penting untuk melakukan suatu perbuatan guna mencapai tujuan organisasi. Motivasi berhubungan dengan dorongan atau kekuatan yang berada dalam diri manusia. Motivasisangatdibutuhkanseseorangwirausahawanuntukmencapaikeberhasilanusa hakarenadapatmenciptakansuatukeinginanuntukbekerjakerasataugiat, berprestasidansukses.Dimanamotivasitidakdapatdiamatisecaralangsung, tetapidapatdiinterprestasikandalamtingkahlakunya, beruparangsangan, dorongan, ataupembangkittenagamunculnyasuatutingkahlakutertentu (Hamzah, 2011).Seseorang yang mempunyaimotivasitinggiakanberusahamelakukan yang terbaik, memilikikepercayaanterhadapkemampuanuntukbekerjamandiridanbersikapoptimi s, tidakcepatpuasatashasil yang diperolehsertamempunyaitanggungjawab yang besaratasperbuatan yang dilakukansehinggaseseorang yang mempunyaimotivasi yang tinggipadaumumnyaakanlebihcepatmeraihkeberhasilan. Dalamhalinimotivasi yang tinggidibutuhkandalammeraihkeberhasilanusaha (Yunal& Indriyani, 2013).Suatuusahadapatmeraihkeberhasilanusahaapabilajumlahpenjualanmeningka 4 t, hasilproduksimeningkat, keuntunganatau profit bertambah, pertumbuhandanperkembanganusahaberkembangcepatdanmemuaskan. Berdasarkanpenelitian yang dilakukanolehIe &Visantia(2013),mengenaipengaruhefikasidiridanmotivasiterhadapkeberhasilanus ahapadapemiliktokopakaian di pusatgrosir metro TanahAbang Jakarta,menyatakanbahwavariabelefikasidiridanmotivasisecarabersamasamaberpe ngaruhterhadapkeberhasilanusahapadapemiliktokopakaian di pusatgrosir metro Tanah Abang, Jakarta. Dan efikasidiridanmotivasijugaberpengaruhsecaraparsialterhadapkeberhasilanusahapad apemiliktokopakaian di pusatgrosir metro Tanah Abang, Jakarta. Berdasarkanuraiandiatasmendorongpenelitiuntukmelakukanpenelitianuntu kmengukursejauhmanapengaruhefikasidiridanmotivasiterhadapkeberhasilanusaha pada UKM konterhandphone yang ada di KotaPayakumbuh.Karenadalamkajiandanhasilpenelitianterdahuluvariabeltersebut mampumenciptakankeberhasilanusaha.Penulistertarikuntukmengangkatmasalahini dalamsebuahpenelitian.Penelitianiniakanberjudul, “PENGARUH EFIKASI DIRI (SELF-EFFICACY) DAN MOTIVASI TERHADAP KEBERHASILAN USAHA KONTER HANDPHONE DI KOTA PAYAKUMBUH”

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Ms Ikmal Fitriyani Alfiah
Date Deposited: 05 Feb 2016 06:56
Last Modified: 05 Feb 2016 06:56
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/687

Actions (login required)

View Item View Item