pengaruh pemberian tepung limbah sawi putih (Brassica pekinensia L) dalam ransum terhadap intake energi, karkas dan lemak abdomen itik Kamang jantan

Ahmad, Farlan (2021) pengaruh pemberian tepung limbah sawi putih (Brassica pekinensia L) dalam ransum terhadap intake energi, karkas dan lemak abdomen itik Kamang jantan. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover and abstrak)
COVER ACC KOMPRE.pdf - Published Version

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text (pendahuluan)
PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (270kB) | Preview
[img]
Preview
Text (kesimpulan)
KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA (12).pdf - Published Version

Download (303kB) | Preview
[img] Text
SKRIPIS FARLAN stl kompre 1.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemberian tepung limbah sawi putih dalam ransum pada level yang berbeda terhadap intake energi, persentase karkas dan persentase lemak abdomen itik Kamang jantan. Penelitian ini menggunakan menggunakan 80 ekor DOD itik Kamang jantan. Perlakuan dimulai pada minggu ke 3 penelitian sampai minggu ke 10. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan Rancangan Acak Kelompok (RAK) yang terdiri dari 5 perlakuan dan 4 ulangan. Perlakuan tepung limbah sawi putih terdiri dari A(0%), B(10%), C(15%), D(20%) dan E(25%). Parameter yang diukur ialah intake energi, persentase karkas dan persentase lemak abdomen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan tepung limbah sawi putih yang berbeda memberikan pengaruh terhadap intake energi dan persentase lemak abdomen itik Kamang jantan, tetapi tidak memberikan pengaruh yang nyata terhadap persentase karkas itik Kamang jantan. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa pemberian ransum dengan penggunaan 10-20% tepung limbah sawi putih menghasilkan performa terbaik dengan intake energi 2543,39-2580,76 Kkal/ekor/minggu, persentase karkas 62,42-65,46% dan persentase lemak abdomen 0,64-0,72% yang efisien dalam pemanfaatan tepung limbah sawi putih terhadap itik Kamang jantan. Kata Kunci: Sawi, Intake Energi, Karkas, Abdomen, Itik Kamang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ir. Hj. Tertia Delia Nova, MS
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QL Zoology
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 peternakan peternakan
Date Deposited: 28 Jan 2021 07:53
Last Modified: 28 Jan 2021 07:53
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/68629

Actions (login required)

View Item View Item