PERBEDAAN KADAR 25-HYDROXYVITAMIN D SERUM DAN TUMOR NECROSIS FACTOR ALPHA ANTARA PASIEN TUBERKULOSIS PARU DAN TUBERKULOSIS PARU DENGAN HIV AIDS

LIA, DWI LESTARI (2020) PERBEDAAN KADAR 25-HYDROXYVITAMIN D SERUM DAN TUMOR NECROSIS FACTOR ALPHA ANTARA PASIEN TUBERKULOSIS PARU DAN TUBERKULOSIS PARU DENGAN HIV AIDS. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (353kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab VII)
BAB 7.pdf - Published Version

Download (308kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (341kB) | Preview
[img]
Preview
Text (dapus)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (363kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Thesis Full Text)
TESIS LIA DWI LESTARI.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview

Abstract

Pendahuluan: Tuberkulosis (TB) paru maupun Acquired immunodeficiency syndrome (AIDS) adalah penyakit infeksi yang menjadi permasalahan kesehatan dunia. Pasien TB paru adalah pasien terdiagnosis secara klinis atau terkonfirmasi secara bakteriologis terdapat kuman M. tuberculosis di paru. Pasien HIV adalah pasien yang secara klinis memenuhi kriteria WHO dan positif pemeriksaan 3x tes antibodi HIV. Vitamin D berperan sebagai pengatur utama pertahanan host melawan infeksi dengan mengaktifkan jalur imunitas alamiah dan adaptif. Rendahnya kadar vitamin D pada pasien TB paru dan TB paru dengan HIV akan menurunkan kadar calsidiol hepar, calsitriol ginjal, aktifitas makrofag menghasilkan catelisidin, dan menurunkan aktifitas Limfosit CD4, akhirnya terjadi peningkatan infeksi dan TNF-α. Metode: Desain penelitian analitik komparatif numerik tidak berpasangan 2 kelompok dengan metode Cross Sectional. Penelitian dilakukan di Poliklinik Paru dan Bangsal Ilmu Penyakit Dalam RSUP DR.M.Djamil Padang selama 6 bulan. Populasi adalah pasien baru yang didiagnosis tuberkulosis paru dan tuberkulosis paru dengan HIV AIDS, yang belum mendapatkan terapi, dipilih secara consecutive sampling. Hasil: Rerata 25(OH)D serum pada pasien TB paru 37,62 ng/ml dan 31,47 ng/ml pada TB paru dengan HIV AIDS. Rerata TNF-α pada pasien TB paru 2,98 pg/ml dan 2,97 pg/ml pada pasien TB paru dengan HIV AIDS. Kesimpulan: secara uji statistik tidak didapatkan perbedaan yang bermakna antara rerata kadar 25(OH)D dan TNF-α serum pada pasien TB paru dan TB paru dengan HIV AIDS. Kata kunci: TB paru, TB paru dengan HIV AIDS, 25(OH)D, TNF-α.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: dr. Raveinal, SpPD-KAI, FINASIM
Uncontrolled Keywords: TB paru, TB paru dengan HIV AIDS, 25(OH)D, TNF-α.
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: s2 Program Pendidikan Dokter Spesialis
Date Deposited: 28 Jan 2021 08:30
Last Modified: 28 Jan 2021 08:30
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/68613

Actions (login required)

View Item View Item