PERBANDINGAN DAYA KELUARAN PHOTOVOLTAIK YANG DILAPISI KACA FILM PADA BERBAGAI TINGKAT VARIASI TRANSPARANSI GUNA MENINGKATKAN EFISIENSI PHOTOVOLTAIK

Rahman, Ivan Razaq (2021) PERBANDINGAN DAYA KELUARAN PHOTOVOLTAIK YANG DILAPISI KACA FILM PADA BERBAGAI TINGKAT VARIASI TRANSPARANSI GUNA MENINGKATKAN EFISIENSI PHOTOVOLTAIK. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover + abstrak)
Cover + Abstrak.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[img] Text
TA Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Photovoltaik merupakan suatu alat yang digunakan untuk mengkonversi energi cahaya matahari menjadi energi listrik. Besarnya daya keluaran yang dihasilkan bergantung pada tingkat irradiasi cahaya matahari. Irradiasi yang tinggi akan menimbulkan suhu yang tinggi pula. Sedangkan photovoltaik memiliki suhu kerja optimum, sehingga suhu kerja yang semakin tinggi mengakibatkan daya keluaran menjadi menurun. Solusi untuk mengatasi hal tersebut adalah menggunakan pereduksi panas agar meningkatkan efisiensi daya photovoltaik. Salah satu contoh pereduksi panas yang dapat digunakan adalah menggunakan kaca film. Penelitian ini menggunakan empat photovoltaik mono-kristal 60WP yang berukuran sama. Pengujian yang dilakukan memiliki empat variasi, yaitu tanpa kaca film, kaca film 10%, kaca film 20%, dan kaca film 40%. Berdasarkan pengujian yang dilakukan dari pukul 10.00-14.00 WIB dengan interval 10 menit selama tiga hari untuk masing-masing variasi, terjadi peningkatan daya rata-rata 0,9 Watt atau sebesar 16,22% pada penggunaan kaca film 10% terhadap tanpa kaca film. Sedangkan pada penggunaan kaca film 20% terjadi penurunan daya rata-rata mencapai 0,03 Watt atau 0,5% terhadap tanpa kaca film dan penurunan daya rata-rata pada kaca film 40% sebesar 0,59 Watt atau 9,82% terhadap kaca film. Dengan penggunaan kaca film 10% dapat meningkatkan daya keluaran photovoltaik daripada kaca film 20% dan kaca film 40% dan dari segi investasi juga lebih murah sehingga dapat diterapkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Andi Pawawoi, M.T
Uncontrolled Keywords: Photovoltaik, kaca film, irradiasi, suhu, daya
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Elektro
Depositing User: S1 Teknik Elektro
Date Deposited: 02 Feb 2021 04:27
Last Modified: 02 Feb 2021 04:27
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/68601

Actions (login required)

View Item View Item