ANALISA KINERJA ARRESTER DAN PENGARUH BESAR ARUS DAN KARAKTERISTIK PETIR SERTA TAHANAN PENTANAHAN TERHADAP TEGANGAN LEBIH DI GARDU INDUK

Febi, Rizki Yumara (2020) ANALISA KINERJA ARRESTER DAN PENGARUH BESAR ARUS DAN KARAKTERISTIK PETIR SERTA TAHANAN PENTANAHAN TERHADAP TEGANGAN LEBIH DI GARDU INDUK. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER+ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (307kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V Penutup)
BAB V PENUTUP.pdf - Published Version

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (158kB) | Preview
[img] Text (TUGAS AKHIS FULL TEXT)
TA FULL_compressed.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Negara Indonesia memiliki intensitas curah hujan dan kerapatan sambaran petir yang tinggi. Petir dapat merusak peralatan listrik pada gardu induk yang terhubung ke jaringan transmisi, khususnya Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150kV. Untuk itu, diperlukan suatu proteksi petir pada gardu induk. Proteksi petir yang umum digunakan adalah arrester. Pada penelitian ini, akan dilihat pengaruh variasi besar arus petir, karakteristik waktu muka dan waktu ekor petir, serta tahanan pentanahan menara transmisi terhadap kenaikan tegangan lebih yang sampai di tranformator gardu induk, serta dianalisa kinerja arrester dalam memotong kenaikan tegangan lebih tersebut menggunakan perangkat lunak ATP Draw. Analisis dilakukan dengan memodelkan semua parameter saluran transmisi, menara transmisi, pentanahan kaki menara, serta penangkal petir arrester. Setelah itu divariasikan nilai besar arus petir, karakteristik waktu muka dan waktu ekor petir, serta tahanan pentanahan dimana menara transmisi dibangun. Hasil dari penelitian ini diperoleh kenaikan tegangan di saluran transmisi berada di atas TID untuk semua variasi besar arus petir, karakteristik petir dan besar tahanan pentanahan sebelum dan sesudah pemasangan arrester. Untuk kenaikan tegangan lebih di gardu induk, pada sambaran di kawat tanah nilainya sama-sama berada di bawah nilai TID baik sebelum maupun sesudah pemasangan arrester. Untuk sambaran di kawat fasa, nilai tegangan lebih sebelum pemasangan arrester jauh di atas TID, setelah pemasangan arrester nilai tegangan lebih berada di bawah nilai TID. Untuk pengaruh karakteristik petir dan pengaruh tahanan pentanahan tidak terlalu berpengaruh terhadap kenaikan tegangan lebih. Kenaikan tegangan lebih yang sampai di gardu induk dapat dipotong oleh pemasangan arrester sehingga berada di bawah nilai tegangan TID.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Novizon, PhD
Uncontrolled Keywords: penangkal petir, tegangan tinggi, surge arrester, ATP Draw
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Elektro
Depositing User: S1 Teknik Elektro
Date Deposited: 01 Feb 2021 03:35
Last Modified: 01 Feb 2021 03:35
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/68594

Actions (login required)

View Item View Item