ANALISIS PENGARUH PROGRAM PERHUTANAN SOSIAL TERHADAP LIVELIHOOD ASSET DI DALAM KEHIDUPAN MASYARAKAT DI NAGARI SUNGAI BULUH TIMUR

Muhammad, Surya Rahim (2021) ANALISIS PENGARUH PROGRAM PERHUTANAN SOSIAL TERHADAP LIVELIHOOD ASSET DI DALAM KEHIDUPAN MASYARAKAT DI NAGARI SUNGAI BULUH TIMUR. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover And Abstrak)
Cover And Abstrak.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
Bab V (Penutup).pdf - Published Version

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (75kB) | Preview
[img] Text (M.Surya Rahim Skripsi Full)
M.Surya Rahim SKRIPSI FIX (Watermark).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Perhutanan sosial merupakan bentuk program pemerintah dalam mengatasi terjadinya penyalahgunaan sumber daya hutan dan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang tinggal di sekitar kawasan hutan, karena hal itu tujuan program perhutanan sosial adalah untuk meningkatkan asset penghidupan yang dimiliki masyarakat yang hidup di dalam atau di sekitar kawasan hutan. Jadi penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi asset penghidupan masyarakat di daerah perhutanan sosial dan mengetahui perubahan yang terjadi pada asset penghidupan masyarakat sebelum dan sesudah penerapan perhutanan sosial. Penelitian ini dilaksanakan dengan pendekatan deskriptif kualitatif menggunakan metode survey dengan teknik pengambilan sampel snowball sampling dan jumlah sampel sebanyak 30 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Asset penghidupan masyarakat di daerah perhutanan sosial terdiri dari lima asset, yaitu human capital, natural capital, social capital, financial capital dan phisyc capital dengan asset natural capital mengalami perubahan yang signifikan setelah diterapkan perhutanan sosial, karena perizinan atas hak kelola yang diberikan pemerintah. Semua indikator dalam asset meningkat dari sebelum di lakukannya perhutanan sosial, hanya indikator inovasi dan hubungan kerjasama yang mengalami penurunan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka saran yang dapat di berikan adalah pihak stakeholders terutama LPHN Nagari Sungai Buluh Timur lebih fokus lagi dalam pelaksanaan program perhutanan sosial agar hasil yang di dapatkan lebih optimal.Kata Kunci : perhutanan sosial, LPHN, aset penghidupan masyarakat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Mahdi, SP. M.Si. Ph.D.
Uncontrolled Keywords: perhutanan sosial, LPHN, aset penghidupan masyarakat.
Subjects: S Agriculture > SD Forestry
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: s1 agribisnis agribisnis
Date Deposited: 29 Mar 2021 03:57
Last Modified: 29 Mar 2021 03:57
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/68488

Actions (login required)

View Item View Item