PEMURNIAN FIKOSIANIN DARI Spirulina platensis DENGAN METODE LIQUID BIPHASIC FLOTATION (LBF) SERTA PENENTUAN AKTIVITAS ANTIOKSIDAN DAN SITOTOKSISITASNYA TERHADAP SEL KANKER

Cori, Yolanda Elise (2021) PEMURNIAN FIKOSIANIN DARI Spirulina platensis DENGAN METODE LIQUID BIPHASIC FLOTATION (LBF) SERTA PENENTUAN AKTIVITAS ANTIOKSIDAN DAN SITOTOKSISITASNYA TERHADAP SEL KANKER. Other thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrack)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (401kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I Pendahuluan)
Bab I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (428kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab Akhir (Kesimpulan))
Bab Akhir (Kesimpulan).pdf - Published Version

Download (417kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (451kB) | Preview
[img] Text (Tugas Akhir Ilmiah)
Tugas Akhir Ilmiah.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pigmen fikosianin dari Spirulina platensis (S.platensis) yang berwarna biru tua termasuk fikobiliprotein yaitu suatu molekul zat warna yang berikatan silang dengan protein. Pigmen fikosianin memiliki nilai ekonomi tinggi baik sebagai pewarna alami, antioksidan dan antikanker. Namun sampai saat ini nilai kemurnian pigmen fikosianin yang pernah dilaporkan masih sangat rendah. Maka penelitian ini bertujuan untuk memperoleh pigmen fikosianin dengan nilai kemurnian tinggi menggunakan metode liquid biphasic flotation (LBF). Pigmen fikosianin yang diperoleh divisualisasikan dengan SDS-PAGE, selanjutnya menguji aktivitas antioksidanya dengan metode DPPH (1,1-diphenyl-2-pycrilhydrazil). Kemampuan sitotoksisitas pigmen fikosianin terhadap sel kanker ditentukan berdasarkan kajian literatur. Penelitian ini menghasilkan pigmen fikosianin dengan nilai kemurnian tinggi yaitu 3,041 ±0,04, kemampuan menangkal radikal bebas DPPH tergolong lemah dengan nilai IC50 sebesar 338,585 mg/mL. Selanjutnya, sitotoksisitas terhadap berbagai jenis sel kanker ekstrak kasar fikosianin pada rentang IC50 64 - 700 µg/mL dan pigmen fikosianin pada rentang nilai IC50 0,04 – 200 µg/mL. Sehingga, metode LBF dapat menghasilkan pigmen fikosianin dengan kemurnian tinggi, kemampuan antioksidan pigmen fikosianin tergolong lemah namun sitotoksisitas pigmen fikosianin lebih baik dari ekstrak kasar.

Item Type: Thesis (Other)
Primary Supervisor: Marniati Salim,M.S
Uncontrolled Keywords: Phycocyanin, Spirulina platensis, Liquid Biphasic Flotation (LBF), DPPH, IC50
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Depositing User: s1 kimia kimia
Date Deposited: 28 Jan 2021 04:21
Last Modified: 28 Jan 2021 04:21
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/68465

Actions (login required)

View Item View Item