PENGATURAN TENTANG PEMANFAATAN DAN PENGELOLAAN SUMBER DAYA ALAM PERIKANAN DI ZONA EKONOMI EKSLUSIF INDONESIA MENURUT UNCLOS 1982

Yogi, Saputra (2020) PENGATURAN TENTANG PEMANFAATAN DAN PENGELOLAAN SUMBER DAYA ALAM PERIKANAN DI ZONA EKONOMI EKSLUSIF INDONESIA MENURUT UNCLOS 1982. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I Pendahuluan)
Bab I.pdf - Published Version

Download (295kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab IV Penutup)
Bab IV.pdf - Published Version

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Zona Ekonomi Eksklusif Indonesia (ZEEI) sebagai bagian wilayah kedaulatan yurisdiksi nasional yang diatur dalam Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1983 Tentang ZEEI dalam rangka implementasi UNCLOS 1982, sumber daya alam hayati maupun non hayati akan berdampak segi positif dan segi negatif yang mana pada segi positif dapat meningkatkan perekonomian rakyat yang berada diperairan, pengelolaan dan pengawasan yang terjamin, dari segi negatifnya dapat menimbulkan akibat berupa eksplorasi dan eksploitasi secara illegal yang berdampak terhadap kerusakan lingkungan perairan, lingkungan laut di Zona Ekonomi Eksklusif dan dapat merugikan potensi ekonomi negara. Maka diperlukan peran pemerintah dalam pemanfaatan dan pengelolaan sumber daya perikanan tersebut sehingga tidak terjadinya tindak pidana perikanan dan terlaksananya penerapan pemanfaatan dan pengelolaan perikanan tersebut menurut UNCLOS 1982.Oleh karena itu penulis merumuskan masalah, yaitu : 1) Implementasi pemanfaatan dan pengelolaan perikanan di ZEE Indonesia menurut UNCLOS 1982. 2) Proses penegakan hukum bagi pelaku pelanggaran perikanan di ZEE Indonesia?. Metode Penelitian yang digunakan oleh penulis yaitu Yuridis Normatif. Kata Kunci : Zona Ekonomi Eksklusif Indonesia (ZEEI), UNCLOS 1982, Pemanfaatan dan Pengelolaan Perikanan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Jean Elvardi, S.H., M.H
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: S1 Ilmu Hukum
Date Deposited: 28 Jan 2021 04:44
Last Modified: 28 Jan 2021 04:44
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/68462

Actions (login required)

View Item View Item