PENGARUH DOSIS BOKASHI KOTORAN AYAM DAN DOLOMIT TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL BAWANG MERAH (Allium ascalonicum L.) PADA ALUVIAL

Irfan, Pratama Putra (2021) PENGARUH DOSIS BOKASHI KOTORAN AYAM DAN DOLOMIT TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL BAWANG MERAH (Allium ascalonicum L.) PADA ALUVIAL. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab V Penutup)
BAB V Penutup.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (266kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian tentang pengaruh dosis bokashi kotoran ayam dan dolomit terhadap pertumbuhan dan hasil bawang merah (Allium ascalonicum L.) pada aluvial telah dilakukan di Pakandangan kecamatan Enam Lingkung kabupaten Padang Pariaman pada bulan Desember 2019 sampai Februari 2020. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui interaksi yang terbaik pada dosis pupuk bokashi kotoran ayam dan dolomit terhadap pertumbuhan dan hasil bawang merah, mengetahui pengaruh pemberian dosis pupuk bokashi kotoran ayam terbaik terhadap pertumbuhan dan hasil bawang merah dan mengetahui pengaruh pemberian dosis dolomit terbaik terhadap pertumbuhan dan hasil bawang merah. Rancangan yang digunakan yaitu Faktorial dalam Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 3 ulangan. Faktor pertama adalah bokashi kotoran ayam (0 ton/ha, 10 ton/ha, 20 ton/ha dan 30 ton/ha) dan faktor kedua adalah dolomit (0 ton/ha, 1 ton/ha, 2 ton/ha dan 3 ton/ha). Data dianalisis secara statistik dengan uji F pada taraf nyata 5%, apabila F hitung lebih besar dari F tabel maka dilanjutkan dengan Uji Duncan’s Multiple Range Tes (DNMRT) pada taraf 5%. Hasil penelitian menunjukkan tidak terdapat interaksi antara pemberian dosis bokashi kotoran ayam dan dolomit terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman bawang merah. Tanpa pemberian bokashi kotoran ayam menghasilkan tinggi tanaman, jumlah daun, jumlah umbi per rumpun, berat segar tanaman per rumpun, diameter umbi terbesar, diameter umbi terkecil, berat segar umbi per rumpun dan berat kering angin umbi per rumpun tertinggi. Pemberian dolomit 3 ton/ha menghasilkan tinggi tanaman dan jumlah daun tertinggi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ir. Auzar Syarif, MS
Uncontrolled Keywords: Aluvial, Bawang Merah, Bokashi Kotoran Ayam, Dolomit
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: S1 Agroteknologi Agroteknologi
Date Deposited: 06 Apr 2021 07:41
Last Modified: 06 Apr 2021 07:41
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/68457

Actions (login required)

View Item View Item