TANGGUNG JAWAB KONSUMEN DALAM HAL TERJADINYA LEWAT WAKTU (OVERTIME) DALAM PERJANJIAN SEWA MENYEWA MOBIL DI ADR GROUP TOURS & TRAVEL BATUSANGKAR

Muthia, Al Khanza (2020) TANGGUNG JAWAB KONSUMEN DALAM HAL TERJADINYA LEWAT WAKTU (OVERTIME) DALAM PERJANJIAN SEWA MENYEWA MOBIL DI ADR GROUP TOURS & TRAVEL BATUSANGKAR. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I Pendahuluan)
Bab I.pdf - Published Version

Download (360kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BabIV Penutup)
Bab IV.pdf - Published Version

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (248kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Kehidupan sehari-hari manusia tidak akan lepas dari yang namanya perjanjian, sama halnya dengan perjanjian sewa menyewa yang dilakukan antara ADR Group Tours & Travel Batusangkar dengan konsumen. Bentuk perjanjian sewa menyewa yang terjadi adalah perjanjian sewa menyewa lepas kunci atau tanpa supir. Dalam pelaksanaan perjanjian tersebut tidak jarang terjadi ketidak sesuaian, salah satunya yaitu lewatnya waktu dalam pengembalian mobil sewaan oleh konsumen atau biasa disebut overtime. Overtime merupakan salah satu wanprestasi dimana wanprestasi adalah lalai atau tidak terpenuhinya prestasi sesuai dengan yang diperjanjikan yang diatur dalam Pasal 1238 Kitab Undang-undang Hukum Perdata dimana menurut pasal tersebut Si berutang adalah lalai, apabila ia dengan surat perintah atau dengan sebuah akta sejenis itu telah dinayatakan lalai, atau demi perikatannya sendiri, ialah jika ini menetapkan, bahwa si berutang harus dianggap lalai dengan lewatnya waktu ditentukan. Berdasarkan hal tersebut, penulis kemudian tertarik untuk melakukan penelitian tentang 1) Proses terjadinya perjanjian anatra ADR Group Tours & Travel Batusangkar dengan konsumen 2) Tanggung jawab konsumen dalam hal terjadinya lewat waktu atau overtime 3) Upaya dari ADR Group Tours & Travel Batusangkar apabila konsumen tidak memenuhi tanggung jawabnya. Pendekatan masalah yang digunakan adalah Yuridis Empiris. Sifat penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif analisis, teknik pengumpulan data dilakukan dengan studi dokumen dan wawancara. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan oleh penulis, diperoleh hasil sebagai berikut 1) Proses terjadinya perjanjian antara ADR Group Tours & Travel Batusangkar dengan konsumen adalah perjanjian sewa menyewa mobil secara lisan dimana identitas penyewa dicatat kedalam sebuah buku dan penyewa menyerahkan KTP atau KK sebagai jaminan, pada saat pengembalian mobil sewaan, pihak ADR akan menyerahkan kwitansi sebagai bukti pembayaan kepada konsumen. 2) Tanggung jawab konsumen dalam terjadinya lewat atau overtime adalah dengan pembayaran ganti rugi sebesar Rp 50.000,- atau lebih untuk pengembalian mobil dengan jangka waktu lebih dari satu hari 3) Upaya lain dari ADR Group Tours & Travel Batusangkar apabila konsumen tidak mau melakukan tanggung jawabnya adalah melakukan negosiasi. Berdasarkan kesimpulan tersebut, penulis menyarankan agar sebaiknya perjanjian sewa menyewa tersebut dibuat secara tertulis supaya adanya kejelasan dan kekuataan hukumnya lebih kuat dan juga perlu adanya iktikad baik dari konsumen dalam pembayaran ganti rugi terhadap overtime tersebut. Kata kunci: Perjanjian, Sewa Menyewa, Wanprestasi

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Wetria Fauzi,S.H., M.H
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: S1 Ilmu Hukum
Date Deposited: 03 Feb 2021 04:21
Last Modified: 03 Feb 2021 04:21
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/68441

Actions (login required)

View Item View Item