Karakterisasi Morfologi dan Fisikokimia Ubi Kayu (Manihot esculanta Crantz) Lokal di Kabupaten Lima Puluh Kota dan Pasaman Barat

Rise, Alfira Widari (2020) Karakterisasi Morfologi dan Fisikokimia Ubi Kayu (Manihot esculanta Crantz) Lokal di Kabupaten Lima Puluh Kota dan Pasaman Barat. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
abstrak.pdf - Published Version

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (388kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 5 Penutup)
BAB 5 PENUTUP.pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (341kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full text)
Skripsi Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Karakterisasi sifat morfologi tanaman ubi kayu dan sifat fisikokimia umbi penting dilakukan untuk membantu pengembangan pemuliaan tanaman ubi kayu, baik dalam perbaikan karakter ubi kayu maupun perakitan varietas unggul ubi kayu yang memenuhi kebutuhan preferensi konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi morfologi tanaman dan sifat fisikokimia umbi tanaman ubi kayu di Kabupaten Lima Puluh Kota dan Pasaman Barat. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pengambilan sampel secara sengaja (purposive sampling). Analisis kemiripan menggunakan program statistik NTSYS. Berdasarkan eksplorasi dan karakterisasi yang telah dilakukan di Kabupaten Lima Puluh Kota dan Pasaman Barat, ditemukan adanya variasi pada karakter daun, batang, dan umbi. Variabilitas karakter yang luas ditemukan pada karakter tinggi tanaman, panjang lobus daun, panjang tangkai daun, panjang umbi, dan warna permukaan tangkai daun. Sifat fisikokimia menunjukkan variabilitas yang luas pada kadar air, kadar pati, kadar amilosa, kadar amilopektin, dan serta suhu gelatinisasi umbi. Analisis klaster berdasarkan karakter kualitatif dan kuantitatif menghasilkan 10 kelompok aksesi pada koefisien kemiripan 75%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. P.K. Dewi Hayati, SP, MSi
Uncontrolled Keywords: ubi kayu, aksesi, karakterisasi, analisis klaster, morfologi
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: S1 Agroteknologi Agroteknologi
Date Deposited: 27 Jan 2021 02:21
Last Modified: 27 Jan 2021 02:21
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/68438

Actions (login required)

View Item View Item