PERBANDINGAN POPULASI DAN KARAKTERISTIK PETERNAK KAMBING PENERIMA ZAKAT COMMUNITY DEVELOPMENT (ZCD) PADA DUA NAGARI DI KABUPATEN TANAH DATAR.

Joni, Setiawan (2020) PERBANDINGAN POPULASI DAN KARAKTERISTIK PETERNAK KAMBING PENERIMA ZAKAT COMMUNITY DEVELOPMENT (ZCD) PADA DUA NAGARI DI KABUPATEN TANAH DATAR. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (616kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (391kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (319kB) | Preview
[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui struktur populasi ternak kambing, karakteristik peternak kambing serta membandingkan populasi dan karakteristik peternak kambing penerima bantuan program Zakat Community Development (ZCD) di Nagari Andaleh dan Nagari Parambahan. Penelitian ini dilaksanakan di Nagari Andaleh dan Nagari Parambahan, Kabupaten Tanah Datar dengan total responden sebanyak 16 orang peternak, dan variabel yang diamati adalah populasi ternak dan karakteristik peternak. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa struktur populasi kambing dikedua nagari didominasi ternak dewasa betina. Populasi ternak kambing di Nagari Andaleh mengalami peningkatan setiap tahunnya dari tahun 2017 sampai 2019, sedangkan populasi kambing di Nagari Parambahan tahun 2019 mengalami penurunan. Tahun 2018 populasi kambing di Nagari andaleh meningkat sebesar 51% dan di Nagari Parambahan sebesar 29%. Tahun 2019 populasi kambing di Nagari Andaleh meningkat sebesar 10,33%, sedangkan populasi di Nagari Parambahan menurun sebesar 10,94% dari populasi tahun sebelumnya. Jumlah ternak di Nagari Andaleh lebih banyak setiap tahunnya jika dibandingkan di Nagari Parambahan. Peningkatan dan penurunan jumlah populasi ternak disebabkan oleh jumlah penambahan ternak dari kelahiran dan pembelian serta penyusutan ternak dari penjualan dan kematian ternak. Hasil analisis terkait karakteristik peternak menunjukkan hasil bahwa mayoritas peternak dikedua nagari berusia 25- 55 tahun dengan pendidikan dasar (9 tahun). Jumlah anggota keluarga peternak di Nagari Andaleh mayoritas 4 orang, sedangkan di Nagari Parambahan jumlah anggota keluarga 4 orang dan jumlah anggota keluarga 5 sampai 6 orang memiliki jumlah yang sama. Peternak di Nagari Andaleh mayoritas memiliki pengalaman beternak dan menjadikan peternak sebagai pekerjaan utama, sedangkan peternak di Nagari Parambahan mayoritas tidak memiliki pengalaman beternak dan menjadikan petani sebagai pekerjaan utama atau masih menjadikan usaha peternakan sebagai usaha sampingan. Kata Kunci : Populasi, Kambing, Karakteristik Peternak, Zakat Community Development

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ir. Fuad Madarisa, M. Sc
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 peternakan peternakan
Date Deposited: 26 Jan 2021 03:23
Last Modified: 26 Jan 2021 03:23
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/68321

Actions (login required)

View Item View Item