Pengaruh Penggunaan Campuran Limbah Buah Nenas dan Ampas Tahu yang Difermentasi dengan Lentinus edodes dalam Ransum Terhadap Performa Produksi Puyuh Petelur

Yuda, Permana (2020) Pengaruh Penggunaan Campuran Limbah Buah Nenas dan Ampas Tahu yang Difermentasi dengan Lentinus edodes dalam Ransum Terhadap Performa Produksi Puyuh Petelur. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB 5.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (119kB) | Preview
[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui batasan level dan pengaruh penggunaan campuran limbah buah nenas dan ampas tahu yang difermentasi dengan Lentinus edodes (LBNATF) terhadap performa produksi puyuh petelur. Penelitian ini menggunakan 200 ekor puyuh (Coturnix-coturnix japonica) fase layer produksi 60% umur 12 minggu. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode eksperimen yang menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 5 perlakuan dan 4 ulangan. Perlakuan terdiri dari ransum A (0% LBNATF), B (3,5% LBNATF), C (7% LBNATF), D (10,5% LBNATF) dan E (14% LBNATF). Peubah yang diamati adalah konsumsi ransum (g/ekor/hari), produksi telur harian (%), berat telur (g/butir), massa telur (g/ekor/hari) dan konversi ransum. Hasil analisis ragam menunjukkan bahwa perlakuan memberikan pengaruh yang berbeda tidak nyata (P>0,05) terhadap konsumsi ransum, produksi telur harian, berat telur, massa telur dan konversi ransum. Kesimpulan dari penelitian ini adalah campuran limbah buah nenas dan ampas tahu yang difermentasi dengan Lentinus edodes dapat digunakan sampai level 14 % dalam ransum dan dapat mempertahankan performa produksi puyuh petelur. Pada kondisi ini diperoleh konsumsi ransum 22,31 g/ekor/hari, produksi telur harian 70,92%, berat telur 10,61 g/butir, massa telur 7,51 g/ekor/hari dan konversi ransum 2,97. Kata Kunci: Limbah buah nenas, Lentinus edodes, performa produksi, puyuh petelur.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ir. Nuraini, M.S
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 peternakan peternakan
Date Deposited: 26 Jan 2021 03:25
Last Modified: 26 Jan 2021 03:25
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/68320

Actions (login required)

View Item View Item