PENGARUH KETINGGIAN TEMPAT DI WILAYAH KOTA DAN KABUPATEN SOLOK TERHADAP KANDUNGAN FRAKSI SERAT TANAMAN TITONIA (Tithonia diversifolia) SEBAGAI PAKAN HIJAUAN

DEFI, KRISIMON (2021) PENGARUH KETINGGIAN TEMPAT DI WILAYAH KOTA DAN KABUPATEN SOLOK TERHADAP KANDUNGAN FRAKSI SERAT TANAMAN TITONIA (Tithonia diversifolia) SEBAGAI PAKAN HIJAUAN. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover.pdf - Published Version

Download (441kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (322kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (447kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full text)
SKRIPSI full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ketinggian tempat yang berbeda (dataran rendah, dataran medium dan dataran tinggi), ditinjau dari kandungan fraksi serat NDF, ADF, Selulosa, Hemiselulosa dan Lignin pada tanaman titonia (Tithonia diversifolia). Penelitian menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) yang terdiri dari 3 perlakuan dan 5 ulangan. Perlakuan yang digunakan adalah P1 : Titonia yang diambil pada dataran rendah diwakili oleh nagari/kelurahan di kawasan Kota dan Kabupaten Solok dengan ketinggian <400 mdpl; P2 : Titonia yang diambil pada dataran medium diwakili oleh nagari/kelurahan di kawasan Kota dan Kabupaten Solok dengan ketinggian 400 – 700 mdpl; P3 : Titonia yang diambil pada dataran tinggi diwakili oleh nagari/kelurahan di wilayah Kota dan Kabupaten Solok dengan ketinggian 700 – 1000 mdpl. Parameter yang diamati adalah kandungan Neutral Detergent Fiber (NDF), kandungan Acid Detergent Fiber (ADF), kandungan selulosa, kandungan hemiselulosa dan kandungan lignin. Hasil penelitian ini menunjukkan ketinggian tempat yang berbeda pada tanaman titonia (Tithonia diversifolia) memberikan pengaruh sangat nyata (P<0,01) terhadap kandungan NDF sebesar 45,52 – 54,45%, kandungan ADF sebesar 42,78 – 51,80%, kandungan selulosa sebesar 27,17 – 33,49%, kandungan lignin sebesar 14,22 – 17,83%, dan memberikan pengaruh tidak nyata (P>0,05) terhadap kandungan hemiselulosa yaitu sebesar 1,93 – 2,74%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa ketinggian tempat di Wilayah Solok berpengaruh tidak nyata terhadap kandungan fraksi serat tanaman titonia tetapi ada kecenderungan fraksi serat pada dataran rendah lebih rendah dibanding dataran medium dan tinggi karena terjadinya pemangkasan secara berkala oleh masyarakat maupun pemerintah setempat pada dataran rendah. Kandungan NDF, ADF, selulosa, hemiselulosa dan lignin tanaman titonia di Wilayah Solok masih dalam kisaran normal untuk diberikan kepada ternak ruminansia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Imana Martaguri, S.Pt, M.Si
Uncontrolled Keywords: Tithonia diversifolia, Ketinggian tempat, Fraksi serat, Wilayah Solok
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 peternakan peternakan
Date Deposited: 26 Jan 2021 07:40
Last Modified: 26 Jan 2021 07:40
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/68310

Actions (login required)

View Item View Item