PENGGUNAAN TEPUNG DAUN SIRIH (Piper betle liin) DI DALAM RANSMU TERHADAP BOBOT HIDUP,LEMAK ABDOMINAL DAN MASSA DAGING PADA ITIK KAMANG

Rama, Alfisyahri nasution (2020) PENGGUNAAN TEPUNG DAUN SIRIH (Piper betle liin) DI DALAM RANSMU TERHADAP BOBOT HIDUP,LEMAK ABDOMINAL DAN MASSA DAGING PADA ITIK KAMANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 pendahuluan)
BAB 1 (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 5 penutup)
BAB Akhir (Kesimpulan).pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (156kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
SKRIPSI full KOMPRE BISMILLAH_RAMA 9Nov(2).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

PENGGUNAAN TEPUNG DAUN SIRIH (Piper betel linn.) DALAM RANSUM TERHADAP BOBOT HIDUP, LEMAK ABDOMINAL DAN MASSA DAGING PADA ITIK KAMANG Rama Alfisyahri Nasution, dibawah bimbingan Dr. Ir. Tertia Delia Nova Msi dan Dr. Ir. Sabrina MS Bagian Ilmu Dan Produksi Ternak Fakultas Peternakan Universitas Andalas Padang, 2020 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian tepung daun sirih terhadap bobot hidup, lemak abdominal dan massa daging pada itik kamang. Penelitian ini menggunakan 80 ekor itik Kamang yang di seleksi dari 120 ekor dengan umur kurang dari 1 minggu. Itik kamang ini di dapat dari seorang peternak asal Kota Payakumbuh. Metode penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) yang terdiri dari 4 perlakuan dengan 5 kelompok pada masing-masing kandang (P x L x T) 70 x70 x60 cm/unit. Dengan perlakuan menggunakan daun sirih masing-masing P0 0%, P1 1%, P2 2%,P3 3%. Peubah yang diamati meliputi bobot hidup, lemak abdominal dan massa daging. Pada hasil penelitian ini bobot hidup menunjukan berpengaruh sangat nyata (P<0,01) dengan pemberian daun sirih pada level 2% dan lemak abomen nya menunjukan berpengaruh sangat nyata (P<0,01) sampai level 3% sedangkan untuk massa dagingnya menunjukan hasil tidak berpengaruh nyata (P>0,05) . Angka tertinggi yang di dapat pada bobot hidup mencapai 1.431,4 gram dan angka terendah untuk lemak abdomen 0,48 %. Dari hasil penelitian ini di dapatkan bahwa bahwa penggunaan tepung daun sirih samapai pada tingkat 2 % bisa meningkatkan bobot hidup hingga 1.431,4 gram kemudian sampai level 3 % dapat menekan laju pertumbuhan lemak abdomen hingga 0,48 %. Namun penggunaan tepung daun sirih tidak dapat meningkatkan massa daging. Kata Kunci : Itik Kamang, Bobot Hidup, Lemak Abdomen, Massa daging.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr.Ir. Tertia Delia Nova Msi
Uncontrolled Keywords: Itik kamang, bobot hidup, lemak abdomen, massa daging
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 peternakan peternakan
Date Deposited: 25 Jan 2021 08:12
Last Modified: 25 Jan 2021 08:12
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/68293

Actions (login required)

View Item View Item