ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PETANI DALAM MENERAPKAN USAHA TANI PADI ORGANIK DI KECAMATAN BATANG ANAI KABUPATEN PADANG PARIAMAN

Winda, Widyastuti (2020) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PETANI DALAM MENERAPKAN USAHA TANI PADI ORGANIK DI KECAMATAN BATANG ANAI KABUPATEN PADANG PARIAMAN. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
1. Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
2. Bab I.pdf - Published Version

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab V)
3. Bab V.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
4. Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (70kB) | Preview
[img] Text (Full Tesis)
5. Full Tesis.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gambaran usaha tani padi organik, menganalisis perbandingan pendapatan dan keuntungan usaha tani organik dan anorganik serta menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi penerapan usaha tani padi organik di Kecamatan Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan menggunakan model logit. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pelaksanaan usaha tani padi organik dan anorganik yaitu pada persiapan lahan, penggunaan benih, penggunaan air, pemupukan dan pemberantasan hama dan penyakit tanaman. Rata-rata pendapatan petani padi organik yaitu Rp 10.711.974,99/ha dan padi anorganik Rp 11.055.547,62/ha. Sedangkan keuntungan yang diperoleh petani padi organik yaitu Rp 2.269.798,6/ha dan padi anorganik Rp 5.737.080,92/ha. Hasil penelitian menunjukkan faktor-faktor yang mempengaruhi penerapan usaha tani padi organik ialah umur, pendidikan, jumlah tanggungan, luas lahan dan status lahan. Disarankan kepada petani organik agar melakukan kontrak harga baru dengan lembaga pemasar. Hal ini bertujuan agar penerimaan petani padi organik dapat meningkat.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. Ir. Faidil Tanjung, M.Si
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 ilmu ekonomi pertanian
Date Deposited: 01 Apr 2021 01:59
Last Modified: 01 Apr 2021 01:59
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/68269

Actions (login required)

View Item View Item