PENGARUH KOMPOSISI CERAMIC SLURRY TERHADAP NILAI PERMEABILITAS DAN KUALITAS PRODUK CORAN KUNINGAN MENGGUNAKAN INVESTMENT CASTING DI INDUSTRI PENGECORAN SUNGAI PUA

Nasa, Shabri Filhan (2021) PENGARUH KOMPOSISI CERAMIC SLURRY TERHADAP NILAI PERMEABILITAS DAN KUALITAS PRODUK CORAN KUNINGAN MENGGUNAKAN INVESTMENT CASTING DI INDUSTRI PENGECORAN SUNGAI PUA. Other thesis, Universitas Andalas.

This is the latest version of this item.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover & Abstrak.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (Bab 5 Kesimpulan)
Bab 5.pdf - Published Version

Download (498kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (401kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Dalam proses pengecoran, cetakan investment casting berpean penting terhadap produk yang dihasilkan. Pengecoran di Sungai Pua menggunakan cetakan investment casting yang kurang bagus sehingga banyak menghasilkan cacat porositas pada produk. Hal ini merupakan salah satu penyebab banyaknya produk yang di lakukan pendauran ulang kebali dari hasil proses pengecoran. Pada penelitian ini dilakukan pengujian nilai permeabilitas menggunakan alat uji permeabilita agar dapat mengsisi seluruh rongga cetak. Hal ini dilakukan dengan cara morfologi permukaan hasil produk coran serta bentuk cacat pada produk. Cetakan dibuat dua buah dengan komposisi yang berbeda dan dilakukan uji permeabilitas sebanyak tiga kali percobaan tiap cetakan untuk mendapatkan nilai rata-rata nya. Pada variasi komposisi ceramic slurry 7:3 didapatkan rata-rata nilai permeabilitas 8,89 x 10-10 mm2, sedangkan pada variasi komposisi ceramic slurry 6:4 didapatkan rata-rata nilai permeabilitas 13,65 x 10-10 mm2. Hal ini disebabkan oleh jumlah pengikat pasir pada ceramic sulrry terhadap pembentukan cetakan yang mengakibatkan bertambah besarnya pori-pori pada ruang rongga cetakan investment. Pada pengujian kualitas coran diambil tiga permukaan tiap produk menggunakan alat mikroskop optic stereo szx10. Pada cetakan spesimen A menghasilkan permukaan yang halus, penyusutan dan cacat porositas lebih kecil sedangkan pada spesimen B menghasilkan permukaan yang kasar, penyebaran dan cacat porositas lebih besar Kata Kunci: Investment casing, komposisi ceramic slurry, nilai permeabilitas, kualitas produk, dan cacat porositas.

Item Type: Thesis (Other)
Primary Supervisor: Dr. Ir. H. Is Prima Nanda,MT
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Mesin
Depositing User: s1 teknik mesin
Date Deposited: 26 Jan 2021 06:50
Last Modified: 26 Jan 2021 06:50
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/68249

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item