HUBUNGAN KARAKTERISTIK, SUMBER INFORMASI TENTANG COVID-19, DAN DERAJAT STRES DENGAN DERAJAT SINDROM DISPEPSIA PADA SISWA SMAN 3 PADANG

Muhamad, Diva Caesar (2021) HUBUNGAN KARAKTERISTIK, SUMBER INFORMASI TENTANG COVID-19, DAN DERAJAT STRES DENGAN DERAJAT SINDROM DISPEPSIA PADA SISWA SMAN 3 PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (682kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (627kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 7 Penutup)
BAB 7 Penutup.pdf - Published Version

Download (583kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (472kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (25MB)

Abstract

Sindrom dispepsia merupakan sekumpulan gejala yang diduga berasal dari saluran pencernaan bagian atas. Banyak penyebab yang memicu sindrom dispepsia, salah satunya adalah pengaruh psikologis khususnya stres. Pandemi virus korona (COVID-19) dapat berdampak pada kesehatan mental. Dalam istilah kesehatan mental masyarakat, dampak psikologis utama hingga saat ini adalah meningkatnya tingkat stres dan kecemasan Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan karakteristik, sumber informasi tentang COVID-19, dan derajat stres dengan derajat sindrom dispepsia pada siswa SMAN 3 Padang. Jenis penelitian ini adalah analitik observasional dengan desain penelitian cross sectional. Responden penelitian berjumlah 100 orang. Teknik pengambilan sampel dengan metode simple random sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner pedoman skor dispepsia untuk menentukan derajat sindrom dispepsia, kuesioner pengetahuan tentang COVID-19 untuk mengetahui kecukupan sumber informasi tentang COVID-19, dan kuesioner Depression Anxiety and Stress Scale 42 (DASS-42) digunakan untuk menentukan derajat stres. Analisis data dilakukan dengan menggunakan program Statistical Product and Service Solutions (SPSS). Hasil penelitian menemukan bahwa mayoritas responden mengalami dispepsia derajat ringan (85%), kecukupan informasi tentang COVID-19 cukup jelas (86%), dan stres derajat ringan (47%). Hasil analisis data menggunakan uji chi-square menemukan bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara karakterisitk dengan derajat sindrom dispepsia (p>0,05), sumber informasi tentang COVID-19 dengan derajat stres dan derajat sindrom dispepsia (p>0,05), serta derajat stres dengan derajat sindrom dispepsia (p>0,05). Kesimpulan dari penelitian ini adalah tidak terdapat hubungan yang signifikan antara karakteristik, sumber informasi tentang COVID-19, dan derajat stres dengan derajat sindrom dispepsia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. dr. Arina Widya Murni, Sp.PD-K Psi. FINASIM
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Stres, Sindrom dispepsia, COVID-19, Siswa
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RB Pathology
R Medicine > RC Internal medicine
R Medicine > RC Internal medicine > RC0321 Neuroscience. Biological psychiatry. Neuropsychiatry
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 25 Jan 2021 03:22
Last Modified: 25 Jan 2021 03:22
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/68217

Actions (login required)

View Item View Item