Hubungan Ruang Bertugas dan Optimisme dengan Distres Psikologis pada Perawat Selama Pandemi Covid-19 di RS Paru Sumatera Barat

Dian, Agusti Tanjung (2021) Hubungan Ruang Bertugas dan Optimisme dengan Distres Psikologis pada Perawat Selama Pandemi Covid-19 di RS Paru Sumatera Barat. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
1 COVER abstrak .pdf - Published Version

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 (Pendahuluan))
2 BAB I L.pdf - Published Version

Download (324kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB Akhir (Penutup/Kesimpulan))
3 BAB 6 PEMBAHASAN L.pdf - Published Version

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
4 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (183kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
5 SKRIPSI Dian semhas fix L.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS ANDALAS SKRIPSI, JANUARI 2021 NAMA : DIAN AGUSI TANJUNG BP : 1811316067 Hubungan Ruang Bertugas dan Optimisme dengan Distres Psikologis pada Perawat Selama Pandemi Covid-19 di RS Paru Sumatera Barat ABSTRAK Salah satu dampak psikologis yang ditemui saat pandemi Covid-19 adalah distres psikologis yang dialami tenaga kesehatan khususnya perawat. Distres psikologis memunculkan efek yang membahayakan bagi individu yang mengalaminya seperti, tuntutan yang tidak menyenangkan atau berlebihan yang menguras energi individu sehingga membuat individu tersebut menjadi lebih mudah sakit. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan ruang bertugas dan optimisme dengan distres psikologis yang meliputi stres, kecemasan dan depresi pada perawat dan menentukan distres yang dirasakan perawat selama pandemi Covid-19 di Rumah Sakit Paru Provinsi Sumatera Barat Tahun 2020. Jenis penelitian ini adalah deskripsi korelatif, dengan populasi 35 perawat yang bekerja di Rumah Sakit Paru Provinsi Sumatera Barat. Optimisme diukur dengan kuesioner Life Orientation Test-Revised (LOT-R), stres diukur dengan kuesioner Perceived Stress Scale (PSS-10), kecemasan diukur dengan kuesioner General Anxiety Disorder Scale (GAD-7), dan depresi diukur dengan kuesioner Patient Health Questionnaire (PHQ-9). Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang bermakna antara ruang bertugas dengan distres psikologis yaitu stres, kecemasan dan depresi pada perawat selama pandemi Covid-19 di RS Paru Sumatera Barat dengan nilai p= 0.003 (stres), p= 0.008 (kecemasan), p= 0.046 (depresi) dengan p<0,05. Serta terdapat hubungan yang bermakna antara optimisme dengan distres psikologis yaitu stres, kecemasan dan depresi pada perawat selama pandemi Covid-19 di RS Paru Sumatera Barat dengan nilai p= <0,05. Disarankan pada pihak manajemen keperawatan di rumah sakit perlu meningkatkan program manajemen stres bagi tenaga keperawatan, sehingga dapat meminimalisir adanya distres psikologis yang diterima perawat. Kata Kunci : Distres psikologis, optimisme, ruang bertugas Daftar Pustaka : 59 (2004-2020)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 25 Jan 2021 04:01
Last Modified: 25 Jan 2021 04:01
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/68194

Actions (login required)

View Item View Item