HUBUNGAN PENGETAHUAN DENGAN KEPERCAYAAN DIRI PADA PERAWAT DALAM PERAWATAN PALIATIF DI RUANG INTENSIF ICU DAN ROI RSUP DR. M. DJAMIL PADANG TAHUN 2020

Rima, Dewita Sari (2021) HUBUNGAN PENGETAHUAN DENGAN KEPERCAYAAN DIRI PADA PERAWAT DALAM PERAWATAN PALIATIF DI RUANG INTENSIF ICU DAN ROI RSUP DR. M. DJAMIL PADANG TAHUN 2020. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
1. Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I PENDAHULUAN)
2. BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VII PENUTUP)
3. BAB VII Penutup.pdf - Published Version

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
4. Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (275kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
5. SKRIPSI LENGKAP.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Perawatan palliative merupakan pelayanan yang diberikan kepada pasien yang mengalami penyakit kronik yang sulit disembuhkan dan menghadapi kondisi terminal sehingga perawat diharapkan untuk memiliki pengetahuan yang baik untuk meningkatkan keperayaan diri dalam memberikan pelayanan .Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pengetahuan dengan dengan kepercayaan diri pada perawat dalam perawatan paliatif di Ruang Intensif ICU dan ROI RSUP Dr. M. Djamil Padang Tahun 2021. Jenis penelitian adalah deskriptif dengan pendekatan cross sectional study. Populasi dalam penelitian ini adalah perawat di ruang ICU dan ROI sejumlah 46 perawat yang diambil dengan teknik porposive sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner The palliative care knowledge test (PCKT) dan Palliative care self-efficacy scale. Analisa secara univariat ditampilkan dengan tabel distribusi frekuensi dan bivariat dengan menggunakan uji Chi-Square. Hasil penelitian ini didapatkan sebanyak 97.8 pengetahuan kurang, dan sebanyak 56.3 mempunyai kepercayaan diri tinggi, selanjutnya tidak terdapat hubungan yang signifikan antara pengetahuan dengan kepercayaan diri p > (0,005) untuk kedua instrument tersebut. Oleh karena itu diharapkan adanya pelatihan dan pendidikan tentang perawatan palliative. Sehingga pengetahuan yang didapat akan mendukung kepercayaan diri kepada perawat di Ruang ICU dan ROI RSUP Dr. M. Djamil Padang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Emil Huriani, S. Kp., MN
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan, Kepercayaan diri, Perawatan Palliatif
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 26 Jan 2021 04:47
Last Modified: 26 Jan 2021 04:47
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/68187

Actions (login required)

View Item View Item