PERSEPSI TENAGA KESEHATAN TENTANG ADVERSE DRUG REACTION (ADR) PADA PASIEN GERIATRI DI IRNA PENYAKIT DALAM RSUP DR. M. DJAMIL PADANG

Molinda, Damris (2021) PERSEPSI TENAGA KESEHATAN TENTANG ADVERSE DRUG REACTION (ADR) PADA PASIEN GERIATRI DI IRNA PENYAKIT DALAM RSUP DR. M. DJAMIL PADANG. Masters thesis, Andalas University.

[img]
Preview
Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER + ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5)
PENUTUP.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (356kB) | Preview
[img] Text
TESIS FULL + TURNITINE.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
Official URL: https://ijisrt.com/knowledge-and-awareness-of-heal...

Abstract

Adverse Drug Reaction (ADR) merupakan permasalahan kesehatan yang kompleks dan berkontribusi secara signifikan terhadap morbiditas dan mortalitas khususnya pasien geriatri. Seiring bertambahnya usia terjadi perpanjangan waktu paruh dan peningkatan kadar obat dalam darah. Adanya faktor komorbid menjadi faktor resiko terbesar yang ikut serta dalam terjadinya ADR. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kejadian dan sistem pelaporan ADR di IRNA Penyakit Dalam RSUP Dr. M. Djamil Padang. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara terhadap 24 orang informan dan pengumpulan data rekam medis pasien peiode Januari s.d Desember 2019. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sebagian besar informan dinilai belum memiliki pengetahuan yang cukup mengenai farmakovigilans. Umumnya informan pernah menemukan kejadian ADR pada pasien geriatri selama pasien dirawat. Sebagian informan mengetahui alur penanganan dan pelaporan kejadian ADR sesuai dengan SOP yang tersedia. Namun selama tahun 2019 tidak ada satupun laporan kasus ADR yang berasal dari pasien geriatri. Hal ini terjadi karena sebagian informan dinilai kurang menyadari pentingnya pelaporan ADR.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. (Clin.Pharm) Dedy Almasdy, M.Si., Apt
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 farmasi farmasi
Date Deposited: 10 Feb 2021 08:02
Last Modified: 10 Feb 2021 08:02
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/68183

Actions (login required)

View Item View Item