PENGARUH KETINGGIAN TEMPAT TERHADAP MORFOLOGI TANAMAN PAITAN (Tithonia diversifolia) SEBAGAI PAKAN HIJAUAN DI WILAYAH SOLOK

Yoga, Herliandi (2020) PENGARUH KETINGGIAN TEMPAT TERHADAP MORFOLOGI TANAMAN PAITAN (Tithonia diversifolia) SEBAGAI PAKAN HIJAUAN DI WILAYAH SOLOK. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover + Abstrak.pdf - Published Version

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 5)
BAB 5.pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari pengaruh ketinggian tempat terhadap morfologi tanaman paitan (Tithonia diversifolia) sebagai pakan hijauan dan menentukan lokasi terbaik bagi pertumbuhan tanaman paitan. Penelitian dilaksanakan di Wilayah Solok meliputi Kabupaten Solok dan Kota Solok. Penelitian menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan 3 perlakuan dan 5 kelompok sebagai ulangan. Pengambilan sampel di lapangan dilakukan secara survei dengan teknik Purpossive Sampling. Perlakuan terdiri dari dataran rendah/T1 (<400 mdpl), dataran medium/T2 (400-700 mdpl) dan dataran tinggi (700-1000 mdpl). Kelompok merupakan nagari yang terdapat di setiap perlakuan. Parameter yang diamati merupakan morfologi tanaman meliputi tinggi tanaman, diameter batang, luas daun, jumlah bunga, jumlah cabang primer dan jumlah cabang sekunder. Data diolah dengan analisis keragaman dan bila terdapat perbedaan nyata, dilakukan uji lanjut menggunakan Duncan Multiple Range Test (DMRT). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketinggian tempat berpengaruh tidak nyata (P>0,05) terhadap tinggi tanaman, diameter batang, luas daun, jumlah bunga, dan jumlah cabang primer tanaman paitan tetapi berbeda nyata (P<0,05) terhadap jumlah cabang sekunder tanaman paitan. Hasil pengamatan pada dataran rendah sampai dataran tinggi diperoleh rataan tinggi tanaman 218,48 – 219,36 cm; diameter batang 1,08 – 1,29 cm; luas daun 82,49 – 87,83 cm2; jumlah bunga 11,53 – 13,91 bunga/batang; jumlah cabang primer 10,86 – 11,86 cabang/batang; dan jumlah cabang sekunder 16,28 – 21,46 cabang/batang. Kesimpulan dari penelitian ini adalah tanaman paitan yang tumbuh pada ketinggian tempat berbeda di wilayah Solok menunjukkan morfologi yang hampir sama.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Imana Martaguri, S.Pt., M.Si. Dr. Riesi Sriagtula, S.Pt., M.P.
Uncontrolled Keywords: ketinggian tempat, morfologi, paitan, Tithonia diversifolia, Solok
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 peternakan peternakan
Date Deposited: 21 Jan 2021 07:49
Last Modified: 21 Jan 2021 07:49
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/68137

Actions (login required)

View Item View Item