HUBUNGAN KADAR INTERLEUKIN 4 DENGAN KADAR BILIRUBIN PADA NEONATUS YANG CUKUP BULAN

Andriani, Liberti (2020) HUBUNGAN KADAR INTERLEUKIN 4 DENGAN KADAR BILIRUBIN PADA NEONATUS YANG CUKUP BULAN. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (abstrak)
Cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (403kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab vii)
BAB VII.pdf - Published Version

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (362kB) | Preview
[img] Text (full text)
Thesis Full Text.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Latar Belakang: Sistem imun neonatus masih berkembang. Penelitian secara epidemiologi menunjukkan terdapatnya hubungan antara provokasi sistem imun pada masa awal neonatus dengan insiden dari tejadinya penyakit alergi dikemudian hari. Proses inisiasi terjadinya alergi melibatkan sitokin salah satunya interleukin 4 (IL-4). Peningkatan kadar bilirubin pada masa neonatus dapat memberikan pengaruh pada sistem imun. Tujuan: Penelitian ini bertujuan menilai hubungan antara kadar interleukin 4 (IL-4) dengan kadar bilirubin pada neonatus yang cukup bulan. Metode: Penelitian dilakukan terhadap 37 neonatus cukup bulan (aterm) yang mengalami ikterus neonatorum Kramer ≥ 2 di ruang perinatologi RSUP Dr.M.Djamil dan di RSIA Siti Hawa Padang menggunakan design cross-sectional yang dilakukan antara Agustus-November 2020. Hasil: Rerata kadar IL-4 adalah 0,30±0,21 pg/ml. Rerata kadar bilirubin total 12,40±2,56 mg/dl. Rerata usia saat mengalami ikterus 4,00 ± 1,35 hari, namun tidak terdapat hubungan antara usia ikterus dengan kadar interleukin 4 dan kadar bilirubin. Terdapat hubungan antara kadar IL-4 dengan kadar bilirubin pada neonatus cukup bulan (p<0,05) dengan korelasi sedang (r=0,549). Peningkatan kadar IL-4 yang signifikan terjadi pada kadar bilirubin ≥ 15 mg/dl. Kesimpulan: Terdapat hubungan dengan korelasi sedang antara kadar IL-4 dengan kadar bilirubin pada neonatus yang cukup bulan.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: dr. Rusdi, SpA(K)
Uncontrolled Keywords: Terdapat hubungan dengan korelasi sedang antara kadar IL-4 dengan kadar bilirubin pada neonatus yang cukup bulan.
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Depositing User: s2 Program Pendidikan Dokter Spesialis
Date Deposited: 22 Jan 2021 07:21
Last Modified: 22 Jan 2021 07:21
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/68117

Actions (login required)

View Item View Item