KORELASI NILAI PERIFER PERFUSI INDEX PULSE OXIMETRI DENGAN NILAI FLOW MEDIATED DILATION PADA PASIEN PENYAKIT JANTUNG KORONER STABIL

Adhi, Kurniawan (2020) KORELASI NILAI PERIFER PERFUSI INDEX PULSE OXIMETRI DENGAN NILAI FLOW MEDIATED DILATION PADA PASIEN PENYAKIT JANTUNG KORONER STABIL. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover & Abstrak)
Cover & Abstrak.pdf - Published Version

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB Akhir Kesimpulan)
BAB Akhir Kesimpulan.pdf - Published Version

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[img] Text (Tugas Akhir Full text)
Tesis Adhi Kurniawan.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Latar Belakang : Disfungsi endotel merupakan proses awal terjadinya berbagai masalah kardiovaskular seperti penyakit jantung koroner, stroke, penyakit arteri perifer dan lain-lain. Pemeriksaan fungsi endotel dapat menemukan proses awal terjadinya masalah kardiovaskuler sehingga dapat dilakukan tata laksana untuk mencegah kerusakan lebih lanjut. Berbagai pemeriksaan fungsi endotel telah dikembangkan mulai dari pemeriksaan invasif hingga non invasif. Nilai perifer perfusi index (PPI) pulse oksimetri yang menggambarkan aliran darah perifer telah digunakan untuk menilai disfungsi endotel. Namun pemeriksaan yang melihat hubungan modalitas alat ini dengan alat pendeteksi disfungsi endotel yang teruji belum pernah dilakukan. Penelitian ini melihat korelasi antara nilai PPI dengan salah satu alat pendeteksi disfungsi endotel yaitu flow mediated dilation (FMD). Metode Penelitian : Penelitian ini merupakan studi potong lintang dengan subjek pasien penyakit jantung koroner stabil sepanjang bulan Juli-Oktober 2020. Pemeriksaan FMD dan pengukuran nilai PPI dilakukan secara bersamaan menggunakan alat dopler vaskular dan pulse oksimetri. Uji statistik Pearson digunakan untuk menganalisis korelasi nilai PPI dengan FMD. Hasil Penelitian : Terdapat 32 pasien penyakit jantung koroner stabil yang melakukan angiografi di Instalasi Pusat Jantung RS Dr. M. Djamil Padang. Nilai rerata PPI dan FMD masing-masingnya 99,4±112,9 dan 7,1±13. Terdapat korelasi positif lemah antara nilai PPI dengan nilai FMD yang signifikan secara statistik (r=0,38 dan p=0,03). Kesimpulan : Ditemukan korelasi positif lemah dan signifikan antara nilai PPI dengan nilai FMD dalam menilai disfungsi endotel pada pasien dengan penyakit jantung koroner stabil.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Masrul Syafri, Dr,dr,SpPD,SpJP(K)
Uncontrolled Keywords: perifer perfusi index, flow mediated dilation, disfungsi endotel
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 Program Pendidikan Dokter Spesialis
Date Deposited: 21 Jan 2021 03:33
Last Modified: 21 Jan 2021 03:33
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/68109

Actions (login required)

View Item View Item