PENGARUH JARAK TANAM BAWANG DAUN (Allium fistulosum L.) DALAM SISTEM TUMPANGSARI DENGAN KENTANG (Solanum tuberosum L.) TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN

Herianti, Mega Sari (2020) PENGARUH JARAK TANAM BAWANG DAUN (Allium fistulosum L.) DALAM SISTEM TUMPANGSARI DENGAN KENTANG (Solanum tuberosum L.) TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
ABSTRAK MEGA.pdf - Published Version

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V PENUTUP)
BAB V PENUTUP.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (303kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang jarak tanam bawang daun dalam sistem tumpangsari dengan tanaman kentang terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman kentang dan bawang daun yang telah dilaksanakan di Nagari Aia Batumbuak, Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok, Sumatera Barat dari bulan Januari 2020 – Mei 2020. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh jarak tanam bawang daun dan mendapatkan jarak tanam bawang daun yang terbaik dalam tumpangsari dengan tanaman kentang terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman kentang dan bawang daun. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan 3 kelompok menggunakan 3 taraf perlakuan jarak tanam bawang daun yaitu : 25 cm x 20 cm, 25 cm x 25 cm, dan 25 cm x 30 cm. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh berbagai jarak tanam bawang daun terhadap tinggi tanaman kentang, bobot umbi kentang perumpun, bobot umbi kentang perpetak, bobot umbi per hektar, tinggi tanaman bawang daun, bobot bawang daun perpetak dan bobot bawang daun perhektar. Jarak tanam bawang daun yang renggang yaitu (25 cm x 25 cm) memberikan hasil yang baik pada bobot tanaman kentang, sedangkan jarak tanam bawang daun yang rapat yaitu (25 cm x 20 cm) memberikan hasil yang baik pada bobot tanaman bawang daun serta semua jarak tanam bawang daun memberikan nisbah kesetaraan lahan yang besar dari 1 (NKL > 1). Berdasarkan hasil penelitian disarankan untuk melakukan penelitian yang sama dengan sistem pelaksanaan yang lebih tepat. Kata Kunci : Jarak tanam, kentang, bawang daun, tumpangsari.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ir. Nasrez Akhir, MS
Uncontrolled Keywords: Jarak tanam, kentang, bawang daun, tumpangsari
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: S1 Agroteknologi Agroteknologi
Date Deposited: 08 Apr 2021 03:47
Last Modified: 08 Apr 2021 03:47
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/68022

Actions (login required)

View Item View Item