ANALISIS RISIKO PEMELIHARAAN PERALATAN DI INTENSIVE CARE UNIT (STUDI KASUS : RUMAH SAKIT UMUM PUSAT (RSUP) DR. M. DJAMIL PADANG)

MONICHA, ARYANI (2020) ANALISIS RISIKO PEMELIHARAAN PERALATAN DI INTENSIVE CARE UNIT (STUDI KASUS : RUMAH SAKIT UMUM PUSAT (RSUP) DR. M. DJAMIL PADANG). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
cover dan abstrak (1).pdf - Published Version

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 5)
BAB VI PENUTUP.pdf - Published Version

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (318kB) | Preview
[img] Text (Skirpsi Full Text)
skripsi fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Rumah sakit merupakan organisasi yang bergerak dalam bidang jasa kesehatan yang terus dituntut untuk meningkatkan kualitas mutu pelayanan rumah sakit seperti kelengkapan fasilitas dengan inovasi - inovasi terbaru serta pelayanan yang memuaskan. Pelayanan kesehatan yang tidak baik memiliki potensi risiko yang dapat membahayakan nyawa. Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dr. M.Djamil Padang merupakan salah satu rumah sakit yang berada di Kota Padang dengan tipe rumah sakit Kelas A. Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dr. M.Djamil Padang melayani berbagai poliklinik seperti jantung, penyakit dalam, kulit, paru - paru, neurologi, anak, bedah dan lain - lain. Intensive Care Units (ICU) merupakan suatu unit perawatan pasien yang kritis secara intensif, sehingga semua peralatan yang dibutuhkan untuk menangani pasien harus tersedia dalam kondisi yang baik. Peralatan sangat penting penggunaannya untuk memonitor segala keadaan pasien. Kerusakan atau gangguan pada peralatan dapat menganggu proses dalam menangani pasien yang terdapat di Intensive Care Units (ICU). Penelitian ini bertujuan untuk menentukan risiko pemeliharaan peralatan di Intensive Care Units (ICU) di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dr. M.Djamil Padang dan menentukan usulan penanganan untuk mengurangi risiko tersebut. Penelitian ini menggunakan metode House of Risk (HOR) Fase I untuk mengetahui risiko yang ada dan menggunakan diagram Fishbone untuk menemukan penyebab suatu masalah dengan lebih terperinci. Pada HOR Fase I, kuesioner digunakan untuk menentukan penilaian terhadap severity, occurrence, korelasi, dan Aggregate Risk Potential (ARP). Berdasarkan nilai ARP kemudian ditentukan lima risiko tertinggi yang mendapatkan prioritas penanganan. Risiko tersebut kemudian dianalisis penyebabnya secara terperinci dengan menggunakan diagram Fishbone. Berdasarkan HOR Fase I, diidentifikasi 20 kejadian risiko dan 23 penyebab risiko pada peralatan di ruang Intensive Care Units (ICU). Berdasarkan nilai ARP didapatkan lima penyebab risiko dengan peringkat tertinggi, yang terdiri dari dua penyebab risiko pada peralatan Pneumatic Tube, dua penyebab risiko pada peralatan Infus Pump, dan satu penyebab risiko pada peralatan Ventilator. Berdasarkan analisis diagram Fishbone untuk lima risiko tersebut terpilih empat usulan penanganan yang akan diterapkan dalam pemeliharaan peralatan di Intensive Care Units (ICU) Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dr. M.Djamil Padang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ir. Elita Amrina, M.Eng, Ph.D, IPM
Uncontrolled Keywords: House of Risk (HOR), Intensive Care Units (ICU), Peralatan, Penanganan, Risiko. Rumah Sakit
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Industri
Depositing User: S1 Teknik Industri
Date Deposited: 05 Apr 2021 08:28
Last Modified: 05 Apr 2021 08:28
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/68010

Actions (login required)

View Item View Item