PENGATURAN TENAGA KERJA ASING TERAMPIL DI BIDANG JASA PARIWISATA DALAM KERANGKA ASEAN MENURUT MUTUAL RECOGNATION ARRAGEMENTS ON TOURISM PROFESSIONALS (MRATP) DAN IMPLEMENTASINYA DI INDONESIA

Cindy, Lawren Amelia (2020) PENGATURAN TENAGA KERJA ASING TERAMPIL DI BIDANG JASA PARIWISATA DALAM KERANGKA ASEAN MENURUT MUTUAL RECOGNATION ARRAGEMENTS ON TOURISM PROFESSIONALS (MRATP) DAN IMPLEMENTASINYA DI INDONESIA. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I Pendahuluan)
Bab I.pdf - Published Version

Download (371kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab IV Penutup)
Bab IV.pdf - Published Version

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (335kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Tenaga kerja asing merupakan warga negara asing pemegang visa dengan maksud bekerja di wilayah Indonesia. Tenaga kerja asing jasa pariwsata adalah orang yang bekerja di suatu wilayah diluar negaranya. Mutual Recognation Arragements On Tourism Professionals (MRATP) menjadi salah satu elemen penting dalam mobilisasi tenaga kerja professional pariwisata merupakan pendorong dala meningkatkan kualifikasi tenaga kerja pariwisata di kawasan ASEAN. Implementasi MEA Tahun 2015 menjadikan negara anggota ASEAN harus mempersiapkan kuantitas serta kualitas tenaga kerja professional pariwisata. Indonesia sebagai salah satu anggota ASEAN juga menggunakan tenaga kerja asing terampil untuk mengembangkan potensi wilayah Indonesi dan memerlukan keharmonisan yang berkaitan terhadap pengaturan tenaga kerja asing terampil dibidang jasa pariwisata. Rumusan masalah yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah, (1) Bagaimana pengaturan tenaga kerja asing terampil di bidang jasa pariwisata dalam kerangka ASEAN menurut Mutual Recognation Arrangements On Tourism Professionals (MRATP), (2) Bagaimana implementasi pengaturan terhadap tenaga kerja asing di bidang jasa pariwisata di Indonesia. Metode penelitian yang dipakai adalah pendekatan normatif dilakukan dengan cara meneliti bahan pustaka atau data sekunder. Hasil penelitian dan pembahasan dapat menyimpulkan bahwa pengaturan MRATP terhadap fasilitas professional pariwisata TKA diakui oleh negara ASEAN harus memilliki sertifikat kompetensi pariwisata yang valid dan resmi terdapat dalam Pasal III dan IV MRATP. ASEAN Framework on Services (AFAS) dan MRAT telah diratifikasi oleh Indonesia melalui Keputusan Presiden Nomor 88 Tahun 1995 tentang Pengesahan AFAS pada tanggal 30 Desember 1995. Implementasi pengaturan terdapat dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 20 Tahun 2018 tentang Penggunaan Tenaga Kerja Asing, Peraturan Menteri Nomor 19 Tahun 2016 tentang Pemberlakuan Wajib Sertifikasi Kompetensi diBidang Pariwisata. Sertifikasi dan kompetensi akan menjadi poin tambahan untuk dapat bekerja di Negara Indonesia. Kata Kunci : Tenaga kerja asing, jasa pariwisata, ASEAN, Mutual Recogantion Arragement on Tourism Professionals (MRATP)

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Magdariza, S.H., M.H
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: S1 Ilmu Hukum
Date Deposited: 20 Jan 2021 04:08
Last Modified: 20 Jan 2021 04:08
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/67989

Actions (login required)

View Item View Item