PENGARUH BERBAGAI DOSIS KOMPOS SAMPAH KOTA TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN JAHE GAJAH (Zingiber officinale var. officinale) PADA SISTEM PENANAMAN BAG CULTURE

M, FAJRI ANTHONI (2021) PENGARUH BERBAGAI DOSIS KOMPOS SAMPAH KOTA TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN JAHE GAJAH (Zingiber officinale var. officinale) PADA SISTEM PENANAMAN BAG CULTURE. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 (Pendahuluan))
BAB I (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (335kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB Akhir (Penutup))
BAB Akhir (Penutup) .pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full)
Skripsi Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penggunaan bahan organik kompos sampah kota merupakan salah satu alternatif yang cukup prospektif untuk keberhasilan budidaya tanaman jahe pada sistem penanaman bag culture. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh berbagai dosis kompos sampah kota terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman jahe gajah pada sistem penanaman bag culture. Penelitian dilaksanakan pada bulan April 2020 sampai Agustus 2020 di Balai Gadang, Kecamatan Koto Tangah, Padang, Sumatera Barat, menggunakan tanah Ultisol. Metode penelitian ini berbentuk percobaan lapangan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 5 taraf perlakuan dan 3 ulangan sehingga terdapat 15 satuan percobaan, dalam setiap satuan percobaan terdiri dari 3 tanaman sehingga secara keseluruhan terdapat 45 tanaman. Perlakuan yang digunakan adalah dosis kompos sampah kota 0 ton/ha, 5 ton/ha, 10 ton/ha, 15 ton/ha, 20 ton/ha. Variabel pengamatannya adalah tinngi tanaman, jumlah daun, jumlah batang semu, analisis kandungan klorofil, bobot rimpang per rumpun. Data dianalisis secara statistik dengan uji F taraf 5% dan jika F hitung lebih besar dari F tabel 5% maka dilanjutkan dengan uji Duncan’s New Multiple Range Test (DNMRT) 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh pemberian dosis kompos sampah kota terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman jahe gajah, pemberian dosis 20 ton/ha menunjukkan hasil yang terbaik dibandingkan dosis lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ir. Zulfadly Syarif, MP
Uncontrolled Keywords: jahe, kompos sampah kota, bag culture, tanah Ultisol
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: S1 Agroteknologi Agroteknologi
Date Deposited: 29 Mar 2021 07:37
Last Modified: 29 Mar 2021 07:37
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/67979

Actions (login required)

View Item View Item