RESPON PERTUMBUHAN DAN HASIL TIGA VARIETAS TANAMAN KACANG TANAH (Arachis hypogaea L.) TERHADAP BERBAGAI WAKTU PEMBERIAN PACLOBUTRAZOL

Dita, Kristari (2020) RESPON PERTUMBUHAN DAN HASIL TIGA VARIETAS TANAMAN KACANG TANAH (Arachis hypogaea L.) TERHADAP BERBAGAI WAKTU PEMBERIAN PACLOBUTRAZOL. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (393kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (274kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian dalam bentuk percobaan telah dilaksanakan di Kelurahan Piai Tangah Kecamatan Pauah Kota Padang Sumatera Barat, pada bulan Februari – Mei 2020. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui interaksi beberapa varietas tanaman kacang tanah (Arachis hypogaea L.) dengan berbagai waktu pemberian paclobutrazol, untuk memperoleh varietas kacang tanah (Arachis hypogaea L.) yang mampu memberikan respon pertumbuhan dan hasil terbaik dan mengetahui waktu pengaplikasian paclobutrazol yang tepat terhadap pertumbuhan dan hasil kacang tanah (Arachis hypogaea L.). Metode penelitian berbentuk percobaan lapangan dengan menggunakan rancangan acak kelompok (RAK) dengan dua faktor. Faktor pertama adalah varietas tanaman kacang tanah yang terdiri dari tiga jenis yaitu varietas Zebra, varietas Lokal Baso, dan varietas Lokal Belimbing. Faktor kedua adalah waktu pemberian paclobutrazol yang terdiri dari tiga taraf yaitu 5 HST, 15 HST, dan 25 HST. Data dianalisis dilanjutkan dengan uji lanjut Duncan’s New Multiple Range Test (DNMRT) pada taraf 5 %. Hasil percobaan menunjukkan waktu pemberian paclobutrazol menunjukkan tinggi tanaman yang berbeda pada varietas Zebra, namun berpengaruh sama terhadap varietas Lokal Baso dan Belimbing, sementara jumlah cabang terbanyak dihasilkan oleh pemberian paclobutrazol 5 HST pada varietas Lokal Belimbing. Pemberian paclobutrazol pada 25 HST menghasilkan Indeks Luas Daun tertinggi yaitu 2,18 serta varietas Lokal Baso dan Belimbing memberikan bobot biji kering angin per hektar yang lebih tinggi dibandingkan varietas Zebra.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Nilla Kristina, SP. M.Sc
Uncontrolled Keywords: kacang tanah, varietas, waktu pemberian paclobutrazol
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: S1 Agroteknologi Agroteknologi
Date Deposited: 05 Mar 2021 04:12
Last Modified: 05 Mar 2021 04:12
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/67930

Actions (login required)

View Item View Item